IKRA-ITH EKONOMIKA
Vol. 8 No. 2 (2025): IKRAITH-EKONOMIKA Vol 8 No 2 Juli 2025

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING BERBANTUAN QUIZIZZ TERHADAP MINAT BELAJAR DAN HASIL BELAJAR DI SMK SWASTA BUDI AGUNG MEDAN T.A 2024/2025

Duha, Nelman Takdir Emanuel (Unknown)
Sitanggang, Gartima (Unknown)



Article Info

Publish Date
07 Jul 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Project BasedLearning berbantuan Quizizz terhadap minat belajar dan hasil belajar di SMK Swasta BudiAgung Medan T.A 2024/2025. Jenis penelitian yang digunakan adalah eksperimen denganmemberikan perlakuan kepada kelas sampel. Populasi dalam penelitian ini terdiri dari seluruhsiswa kelas X MP di SMK Swasta Budi Agung Medan T.A 2024/2025 yang berjumlahsebanyak 69 orang, dan sampel dalam penelitian ini terdiri dari 1 kelas yang berjumlah 35orang. Penelitian ini menggunakan rancangan eksperimen (Quasi Experimental Design).Dengan teknik purposive sampling, menggunakan model pembelajaran Project BasedLearning berbantuan Quizizz, serta menggunakan metode pembelajaran konvesional. Untukmengetahui hasil belajar dari kelas sampel tersebut maka siswa diberikan tes awal (Pre-Test)dan tes akhir (Post-Test) sebanyak 20 soal. Sebelum diberikan kepada sampel utama, tes inidiuji terlebih dahulu untuk menilai validitas, reliabilitas, tingkat kesukaran dan daya pembedasoal, teknik analisa data meliputi perhitungan rata-rata hitung,uji normalitas, uji homogenitas,serta uji hipotesis menggunakan uji independent sampel T-Test. Hasil analisis data menunjukanbahwa kelas sampel memperoleh rata-rata nilai pre-test sebesar 48,65 dan post-test sebesar65,6 setelah menerapkan model pembelajaran project based learning terhadap minat belajar.Sementara rata-rata nilai pre-test sebesar 49, 62 dan post-test sebesar 65,71 setelah menerapkanmodel pembelajaran project based learning terhadap hasil belajar. dari hasil uji t dapatdiperoleh rata-rata Thitung sebesar 2.463 dan rata-rata Ttabel sebesar 2.030 sehingga Thitung>Ttabel yang berarti hipotesis diterima. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapatpengaruh yang positif dan signifikan model pembelajaran project based learning berbantuanQuizizz terhadap minat belajar dan hasil belajar dengan memperoleh rata-rata nilai minatbelajar sebesar 4.86 sedangkan rata-rata nilai hasil belajar sebesar 6.53

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

IKRAITH-EKONOMIKA

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance

Description

This scientific journal of IKRA-ITH Ekonomiika is a Scientific Journal for the publication of economic papers published by the YAI University Persada Indonesia Research and Community Service Institute. This scientific journal is a means of pouring ideas and lecturer papers working in the field of ...