Penelitian dilakukan sebagai tujuan untuk melihat dan mengukur bagaimana pengaruh penggunaan model pembelajaran berbasis proyek dapat berkontribusi pada pengembangan kemampuan menulis puisi siswa di SMA Mawar Indah Medan. Penelitian menggunakan metode kuantitatif sebagai pendekatan utama dengan desain eksperimen untuk menginvestigasi pengaruh Pembelajaran Berbasis Proyek terhadap keterampilan menulis puisi siswa menggunakan pre-test dan post-test dengan melibatkan sampel penelitian yang dipilih secara purposive sebanyak 20 siswa. Data dikumpulkan melalui bentuk tes tertulis guna mengukur kompetensi siswa mulai dari sebelum dan sesudah mengikuti pembelajaran berbasis proyek dalam menulis puisi. Analisis data menggunakan uji t berpasangan yang menggambarkan bahwa terdapat peningkatan yang signifikan pada skor kemampuan menulis puisi siswa, dengan nilai t sebesar 83,93 yang jauh melebihi nilai kritis pada tingkat signifikansi α = 0,05 (df=19). Hasil tersebut menjelaskan bahwa model pembelajaran berbasis proyek sangat efektif untuk meningkatkan kemampuan menulis puisi, dimana secara statistik, peningkatan tersebut sangat bermakna. Penelitian ini memberikan kontribusi empiris bahwa pengajaran sastra yang inovatif dan aktif mampu meningkatkan literasi sastra dan kompetensi berkreasi siswa. Disarankan agar model pembelajaran berbasis proyek dapat diadopsi dan dikembangkan secara lebih luas dalam pembelajaran sastra di tingkat pendidikan menengah atas guna memperoleh hasil belajar yang lebih maksimal.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2025