Jurnal Ecodemica : Jurnal Ekonomi Manajemen dan Bisnis
Vol 1, No 1 (2017): Jurnal Ecodemica: Jurnal Ekonomi, Manajemen dan Bisnis

Pengaruh Pengetahuan Dan Religiusitas Terhadap Niat Beli Pada Kosmetik Halal Melalui Sikap

Karina Indah Rohmatun (Universitas Telkom)
Citra Kusuma Dewi (Universitas Telkom)



Article Info

Publish Date
26 Apr 2017

Abstract

ABSTRAKPerkembangan industri kosmetik Indonesia telah tumbuh begitu pesat. Sebagai negara dengan populasi kaum Muslim terbesar, seyogyanya masyarakat dalam menggunakan produk kosmetik memperhatikan kehalalannya. Kesadaran masyarakat tentang tingkat keamanan kosmetika yang digunakan sudah meningkat seiring dengan munculnya berbagai kasus dampak penggunaan bahan berbahaya dalam kosmetik. Akan tetapi, kesadaran masyarakat muslim untuk memperhatikan kehalalan kosmetik tersebut masih rendah. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa besar pengaruh pengetahuan, religiusitas dan sikap  terhadap niat beli remaja muslim Indonesia pada produk kosmetik halal. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif, dimana data yang didapatkan melalui kuesioner. Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini adalah purposive sampling. Kuesioner dibagikan kepada 400 responden remaja muslim Indonesia yang berusia 17-25 tahun yang menggunakan produk kosmetik halal. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis jalur. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pengetahuan dan religiusitas berpengaruh signifikan terhadap sikap secara parsial maupun simultan. Pengetahuan, religiusitas dan sikap berpengaruh signifikan terhadap niat beli produk kosmetik halal secara parsial maupun simultan. Kata Kunci : Pengetahuan, Religiusitas, Sikap, Niat Beli, Kosmetik Halal  ABSTRACTThe development of Indonesian cosmetic industry has grown so rapidly. As a country with the largest population of Moeslems, people should pay attention in using cosmetic products halal. Public awareness about the level of security used cosmetics has increased with the emergence of various cases the impact of use of hazardous substances in cosmetics. However, awareness of the Muslim community to pay attention to the halal cosmetics is still low. The purpose of this study was to determine how much influence the knowledge, religiosity and attitudes towards purchase intention Indonesian Muslim teenager in halal cosmetic products. The method used in this research is quantitative descriptive, where data obtained through questionnaires. The sampling technique in this research is purposive sampling. Questionnaires were distributed to 400 respondents Indonesian Muslim teenagers aged 17-25 years who use halal cosmetic products. Data analysis technique used is path analysis. The results of this study showed that the knowledge and religiosity have significant effect on attitudes both  partially  and simultaneously. Knowledge,religiosity and attitude have significant influence to  purchase intentionof  halal cosmetic product sboth partially and simultaneously.Keywords: Knowledge, Religiosity, Attitude, Purchase Intention, Halal Cosmetic

Copyrights © 2017






Journal Info

Abbrev

ecodemica

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance

Description

The first ECODEMICA journal was published in 2013, with ISSN registration from LIPI Indonesia. ECODEMICA is a journal of scientific research results in the fields of Economics, Management, and Business. With articles that have not been published online or in ...