JURNAL EDUKASI NONFORMAL
Vol 6 No 1 (2025): Jurnal Edukasi Nonformal

Kontribusi Ontologi, Epistemologi, dan Aksiologi dalam Pengembangan Kurikulum Pendidikan

Nuraeni, Andi (Unknown)
Asifa, Rasni (Unknown)
Fadilah, St. Aisyah Nur (Unknown)
Dewi, Anita Candra (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 Apr 2025

Abstract

Artikel ini membahas kontribusi tiga cabang utama filsafat, yaitu ontologi, epistemologi, dan aksiologi, dalam pengembangan kurikulum pendidikan modern, khususnya dalam konteks kurikulum merdeka. Ontologi berkaitan dengan hakikat realitas pendidikan, epistemologi membahas cara memperoleh dan memvalidasi pengetahuan dalam proses pembelajaran, sementara aksiologi mengkaji nilai-nilai etika dan estetika dalam praktik pendidikan. Penelitian menggunakan metode kepustakaan (library research) untuk menganalisis literatur relevan dari berbagai disiplin ilmu. Hasil kajian menunjukkan bahwa integrasi ketiga pilar filsafat tersebut mampu membentuk sistem pendidikan yang menyeluruh, berdaya, inklusif, dan etis. Dengan demikian, artikel ini memberikan pemahaman filosofis yang mendalam dan menawarkan pendekatan konseptual dalam merancang kurikulum yang kontekstual dan berorientasi pada pengembangan karakter peserta didik.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

JENFOL

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Edukasi Pendidikan Non Formal mempublikasikan hasil penelitian dan artikel dalam kajian pendidikan dan penyelenggaraan pendidikan dalam setting pendidikan nonformal dan informal di Indonesia. ...