Jurnal Ilmiah Kampus Mengajar
Vol. 5, No. 1, April 2025

Peningkatan Kemampuan Literasi Numerik Melalui Implementasi Metode dan Modul Math Master di SMP Sains Miftahul Huda Nganjuk

Muhtadi, Muhtadi (Unknown)
Sutama, Sutama (Unknown)
Ishartono, Naufal (Unknown)
Saifudin, Saifudin (Unknown)



Article Info

Publish Date
29 Apr 2025

Abstract

Kemampuan literasi numerik merupakan salah satu kompetensi esensial dalam pendidikan abad ke-21 yang perlu dikuasai oleh peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan literasi numerik siswa di SMP Sains Miftahul Huda Nganjuk melalui implementasi metode dan modul Math Master, yang dirancang untuk memadukan pendekatan interaktif, kontekstual, dan berbasis teknologi. Penelitian menggunakan desain penelitian tindakan kelas (PTK) dengan empat siklus, melibatkan 30 siswa kelas VIII sebagai subjek penelitian. Data dikumpulkan melalui tes literasi numerik, observasi, wawancara, dan angket. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan metode Math Master mampu meningkatkan pemahaman konsep matematika siswa, kemampuan memecahkan masalah, serta kepercayaan diri dalam menghadapi soal numerik. Nilai rata-rata literasi numerik meningkat dari 68,2 pada pra-siklus menjadi 87,4 pada siklus terakhir, dengan tingkat keberhasilan mencapai 92%. Selain itu, siswa menunjukkan antusiasme yang tinggi terhadap pembelajaran berbasis modul Math Master karena kemudahan akses materi, latihan soal yang bervariasi, dan interaktivitasnya. Penelitian ini menyimpulkan bahwa metode dan modul Math Master efektif dalam meningkatkan literasi numerik siswa, dan dapat diimplementasikan sebagai strategi inovatif di sekolah lain untuk meningkatkan kualitas pembelajaran matematika. 

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jikm

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal Ilmiah Kampus Mengajar (JIKM) merupakan jurnal ilmiah hasil pengabdian masyarakat yang memfokuskan kegiatannya pada program kampus mengajar. JIKM merupakan jurnal ilmiah dengan akses terbuka dan peer-review yang diterbitkan secara berkala oleh Asosiasi Lembaga Pendidikan Tenaga Kependidikan ...