JOURNAL OF INDUSTRIAL AND MANUFACTURE ENGINEERING
Vol. 9 No. 1 (2025): EDISI MEI

Analisis Pengelompokan Penjualan Biskuit Menggunakan Metode Fuzzy C-Means (Studi Kasus Perusahaan Biskuit Area Jawa Tengah dan Jawa Timur)

Rohman, Pandu (Unknown)
Purba, Humiras Hardi (Unknown)



Article Info

Publish Date
03 May 2025

Abstract

Industri Fast-moving consumer goods (FMCG) di Indonesia terus berkembang seiring meningkatnya kebutuhan konsumen terhadap produk konsumsi harian, salah satunya perusahaan di bidang biskuit. Dalam upaya memahami perilaku pasar secara mendalam, penelitian ini dilakukan untuk mengelompokan penjualan biskuit menggunakan metode Fuzzy C-Means (FCM) di wilayah Jawa Tengah dan Jawa Timur. Penentuan jumlah cluster optimal dalam pengelompokan dilakukan menggunakan Fuzzy Partition Coefficient (FPC) dan divalidasi dengan Silhouette Index. Data penjualan yang dianalisis meliputi lima variabel produk biskuit. Adapun variabel-variabel yang digunakan yaitu wafer block , marie susu , cookies cream ,  biscuits ,  dan stick wafer , pada 32 kabupaten pada bulan Agustus 2024. Hasil penelitian menunjukkan adanya tiga cluster dengan karakteristik yang berbeda. Cluster 1 terdiri dari 17 kabupaten dengan pola konsumsi rendah untuk semua produk. Cluster 2 melibatkan 8 kabupaten dengan penjualan tinggi, terutama untuk produk marie susu  dan biscuits , menunjukkan potensi pasar yang kuat di wilayah tersebut. Cluster 3 mencakup 7 kabupaten dengan dominasi konsumsi pada wafer block . Temuan ini memberikan wawasan penting untuk pengembangan strategi pemasaran berbasis data yang lebih efektif dan pengoptimalan distribusi produk.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jime

Publisher

Subject

Control & Systems Engineering

Description

JIME (Journal of Industrial and Manufacturing Engineering) is a journal of scientific work in the Industrial Engineering Study Program, Faculty of Engineering, Medan Area University which presents research results in the fields of Manufacturing, Ergonomics, and Industrial Management. The accepted ...