Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman konsep matematis peserta didik pada materi Teorema Phytagoras melalui penerapan model Pembelajaran Discovery Learning. Jenis penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas yang dilakukan dengan dua siklus. Subjek penelitian yang digunakan adalah peserta didik kelas VIIIA SMP Negeri 2 Lubuk Basung. Hasil penelitian menunjukkan keterlaksaan pembelajaran dengan baik dilihat pada siklus I diperoleh rata-rata hasil tes pemahaman konsep matematis peserta didik sebesar 57 dan mengalami peningkatan pada siklus II sehingga memperoleh rata-rata hasil tes sebesar 80. Kemudian peningkatan pada persentase siswa yang tuntas dimana pada siklus I sebesar 46,87% dan mengalami peningkatan pada siklus II sehingga persentase siswa yang tuntas sebear 87,5%. Hal ini menunjukkan adanya peningkatan pemahaman konsep matematis siswa dengan model pembelajaran Discovery Learning pada kelas VIIIA SMP Negeri 2 Lubuk Basung.
Copyrights © 2025