Polinomial : Jurnal Pendidikan Matematika
Vol. 4 No. 1 (2025)

Meningkatkan Pemahaman Konsep Matematis Melalui Model Discovery Learning pada Materi Teorema Pythagoras Kelas VIII SMP

Rahmawati, Annisa (Unknown)
Ahmad Fauzan (Unknown)
Annisa Ummul Khairi (Unknown)



Article Info

Publish Date
18 May 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman konsep matematis peserta didik pada materi Teorema Phytagoras melalui penerapan model Pembelajaran Discovery Learning. Jenis penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas yang dilakukan dengan dua siklus. Subjek penelitian yang digunakan adalah peserta didik kelas VIIIA SMP Negeri 2 Lubuk Basung. Hasil penelitian menunjukkan keterlaksaan pembelajaran dengan baik dilihat pada siklus I diperoleh rata-rata hasil tes pemahaman konsep matematis peserta didik sebesar 57 dan mengalami peningkatan pada siklus II sehingga memperoleh rata-rata hasil tes sebesar 80. Kemudian peningkatan pada persentase siswa yang tuntas dimana pada siklus I sebesar 46,87% dan mengalami peningkatan pada siklus II sehingga persentase siswa yang tuntas sebear 87,5%. Hal ini menunjukkan adanya peningkatan pemahaman konsep matematis siswa dengan model pembelajaran Discovery Learning pada kelas VIIIA SMP Negeri 2 Lubuk Basung.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jp

Publisher

Subject

Education

Description

Polinomial : Jurnal Pendidikan Matematika (ISSN : 2830-0378) is a scientific journal published by Papanda (Paguyuban Panalungtik Sunda). This aims to provide a national forum for researchers and professionals to share their ideas on all topics related to mathematics education, specifically focuses ...