QISTINA: Jurnal Multidisiplin Indonesia
Vol 4, No 1 (2025): June 2025

Model Konseptual dan Praksis Penguatan Economi Civics Berbasis Agribisnis di Pondok Pesantren Al Ittifaq

Gandara, Yoga (Unknown)
Zulkifli, Zulkifli (Unknown)
Setiawan, Perdi (Unknown)



Article Info

Publish Date
28 Jun 2025

Abstract

Pondok pesantren sebagai salah satu lembaga agama (Islam) tentu saja tidak bisa melepaskan diri dari peran pembebasan dan pemberdayaan santri, khusunnya dalam bidang ekonomi, yang sejatinya adalah bagian dari integrasi dari masalah umat islam itu sendiri. Hal demikian ini diperkuat lagi dengan kenyataan bahwa pesantren merupakan lembanga pendidikan keagamaan Islam yang mengakar di masyarakat yang memiliki posisi strategi dalam upaya pengembangan umat dan mempersiapkan sumber daya manusia (SDM) yang tangguh dan mandiri. Metode penelitian menggunakan penelitian kualitatif dengan studi kasus. Hasil penelitian menunjukkan nilai-nilai yang ditanamkan pesantren Al-Ittifaq kepada santrinya adalah dengan menonjolkan etos kerja, disiplin yang tinggi, dan siap untuk kerja keras. Dengan nilai kemandirian tersebut lulusan santri memiliki kualitas pengetahuan, kemampuan, sikap, dan keterampilan yang siap terjun di masyarakat dengan ilmu agama dan keterampilan agribisnisnya. Model konseptual dalam membentuk kemandirian santri dengan pembelajaran sistem AKOSA (alami, kemukakan, olah, dan aplikasikan). Praksis dalam membentuk kemandirian santri melalui pembentukan pengurus inti agribisnis, melakukan pelatihan-pelatihan praktis, membentuk Pusat Inkubator Agribinis (PIA), melakukan kerjasama/kemitraan, danĀ  membentuk kelompok-kelompok kerja agribisnis.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

qistina

Publisher

Subject

Religion Economics, Econometrics & Finance Languange, Linguistic, Communication & Media Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Nursing

Description

QISTINA: Jurnal Multidisiplin Indonesia is a journal that publishes Focus & Scope research articles, which include: 1. Humanities and social sciences 2. Contemporary political science 3. Education science 4. Religion and philosophy 5. engineering science 6. Business and economy 7. cooperative 8. ...