Asatidzuna |Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Vol 6 No 1 (2025): Maret, 2025

Analisis Kebutuhan Media "pizza" dalam Pembelajaran Matematika Materi Bilangan Pecahan Kelas 2 MI/SD di Kecamatan Tlogomulyo

Halimah, Anisatul (Unknown)
Ibda, Hamidulloh (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Mar 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kebutuhan media pembelajaran “pizza” dalam pembelajaran matematika, khususnya pada materi bilangan pecahan untuk siswa kelas 2 MI/SD di Kecamatan Tlogomulyo. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif dengam desain survei. Data dikumpulkan melalui penyebaran angket kepada 10 siswa dan 5 guru. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa siswa sangat membutuhkan media pembelajaran “pizza” karena dapat meningkatkan pemahaman, motivasi, keaktifan belajar, serta kolaborasi di dalam kelompok. Siswa jga beraharap media tersebut memiliki desain yang menarik dan menyerupai bentuk aslinya. Di sisi lain, sebagaian besar guru menilai bahwa media “pizza” relevan dengan kurikulum, mudah digunakan, dan efektif dalam menjelaskan konsep bilangan pecahan. Mereka juga berharap agar media ini dapat mendukung proses pembelajaran yang lebih kreatif , menarik, dan kontekstual. Secara keseluruhan, penelitian ini memngungkapkan bahwa media “pizza” memiliki potensi besar untuk meningkatkan kualitas pembelajaran matematika di kelas 2 MI/SD. Kata kunci: media pembelajaran; bilangan pecahan; matematika

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

Asatidzuna

Publisher

Subject

Religion Humanities Education Social Sciences Other

Description

Asatidzuna adalah juranal yang diterbitkan oleh program Studi Pendidikan Guru madrasah ibtidaiyah, Institut Agama Islam Tasikmalaya. Jurnal ini menerima sumbangan penulisan dari berbagai kalangan dari mahasiswa, guru, dosen , peneliti dengan ruang lingkup maslah pendidikan keislaman, madrasah, ...