NUR EL-ISLAM : Jurnal Pendidikan dan Sosial Keagamaan
Vol. 12 No. 1 (2025): (April 2025)

Pengaruh Metode CIRC Berbantuan Video Interaktif Terhadap Hasil Belajar Al-Qur'an Hadis Siswa

Juliana, Rina (Unknown)
Yuisman, Dedi (Unknown)



Article Info

Publish Date
21 Apr 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan metode Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) berbantuan video interaktif terhadap hasil belajar Al-Qur'an Hadis siswa. Metode CIRC adalah metode pembelajaran kooperatif yang menekankan pada pemahaman bacaan dan keterampilan menulis melalui kegiatan terstruktur dalam kelompok. Dengan bantuan video interaktif, metode ini diharapkan dapat meningkatkan motivasi dan pemahaman siswa dalam mempelajari Al-Qur'an Hadis. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII MTsN 2 Muara Bungo yang dipilih sebagai subjek. Data dikumpulkan melalui tes hasil belajar yang diberikan sebelum dan sesudah penerapan metode CIRC berbantuan video interaktif. Analisis data dilakukan dengan uji statistik untuk mengetahui perbedaan hasil belajar antara kelompok yang menggunakan metode CIRC berbantuan video interaktif dan kelompok kontrol yang menggunakan metode konvensional. Hasil penelitian menunjukkan bahwa t hitung 2,56 lebih besar dari t tabel 1,645 Artinya Ho ditolak dan Ha diterima adanya pengaruh yang signifikan dalam hasil belajar Al-Qur'an Hadis siswa yang diajar menggunakan metode CIRC berbantuan video interaktif  dibandingkan dengan metode konvensional. Kesimpulan dari penelitian ini adalah bahwa metode CIRC berbantuan video interaktif efektif meningkatkan hasil belajar siswa dalam mata pelajaran Al-Qur'an Hadis, sehingga disarankan untuk diterapkan sebagai alternatif metode pembelajaran di sekolah.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

nurelislam

Publisher

Subject

Religion Economics, Econometrics & Finance Education Social Sciences Other

Description

NUR EL-ISLAM Jurnal Pendidikan dan Sosial Keagamaan the journal is published by Institut Agama Islam Yasni Bungo Jambi Indonesia. It’s dedicated for the publication of scientific articles in Islamic Education, Islamic Economics and Religious Studies. The languages used in this journal are ...