IQRO: Journal of Islamic Education
Vol. 8 No. 1 (2025): VOL 8 N0 1 2025

Efektifitas Model Pembinaan Ma’had Al Jamiah Terhadap Nilai Pendidikan Islam Mahasiswa di Universitas Muhammadiyah Palopo

Pribadi, Imam (Unknown)
Muhammad Yusuf (Unknown)



Article Info

Publish Date
22 May 2025

Abstract

Model pembinaan penanaman nilai-nilai pendidikan Islam mahasiswa melalui program Ma’had Al-Jamiah di Universitas Muhammadiyah Palopo adalah kegiatan yang dilaksanakan secara intensif mulai hari Senin sampai dengan hari Kamis. Kegiatan tersebut diawali dengan melaksanakan Sholat Dhuhur secara berjamaah di Masjid. Kegiatan ini wajib di ikuti oleh seluruh mahasiswa semester I dan II. Model Pembinaan Ma’had Al-Jamiah terfokus pada materi baca tulis al-Qur’an, Akhlak dan Ibadah. Mahasiswa peserta Ma’had Al-Jamiah di bombing oleh para Instruktur Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah (IMM) dan Dosen yang mengampu mata kuliah Al Islam dan Kemuhammadiyahan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif dengan desain deskriptif. Data dikumpulkan melalui kuesioner yang disebarkan kepada mahasiswa Universitas Muhammadiyah Palopo yang terlibat dalam pembinaan Ma’had Al Jamiah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembinaan yang diterapkan pada program pembinaan Ma’had Al Jamiah terbukti efektif dalam meningkatkan pemahaman nilai-nilai pendidikan Islam mahasiswa. Mahasiswa yang mengikuti kegiatan pembinaan secara aktif mengalami peningkatan dalam pengetahuan agama dan pengamalan ajaran Islam dalam kehidupan sehari-hari. Berdasarkan uraian ini, disarankan agar model pembinaan terus diperbaiki dan disesuaikan dengan kebutuhan mahasiswa agar dapat lebih optimal dalam meningkatkan nilai pendidikan Islam di Universitas Muhammadiyah Palopo.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

Publisher

Subject

Education

Description

IQRO: Journal of Islamic Education is a peer-reviewed scholarly online journal. The IQRO is published twice in July and December. IQRO welcomes every paper on Islamic education and applications in the domain of islamic education: original theoretical work, literature review, research reports, ...