Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini
Vol. 9 No. 5 (2025): in Progress

Pengaruh Pendekatan Pembelajaran Project Based Learning terhadap Kemampuan Motorik Halus Anak Usia 5-6 Tahun di TK Negeri Model Mataram

Purnomo, Dewi Aprilia (Unknown)
Rachmayani, Ika (Unknown)
Astawa, I Made Suwasa (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 May 2025

Abstract

kemampuan motorik halus memiliki peran penting dalam tumbuh kembang anak, terutama dalam mendukung perkembangan yang lebih terstruktur dan terarah. Seiring bertambahnya usia, anak diharapkan memiliki pemahaman yang memadai mengenai cara mengoptimalkan kemampuan tersebut. Namun demikian, masih banyak anak yang mengalami hambatan dalam perkembangan kemampuan motorik halus. Maka, tujuan penelitian ini ialah  untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh penerapan pendekatan pembelajaran PBL terhadap kemampuan motorik halus anak umur 5-6 tahun. Peneliti menerapkan Desain Pre-Experimental  dengan model group pretest – postest design. Teknik mengumpulkan data yang dilakukan melalui pemberian treatment, observasi, penggunaan instrument penelitian, serta dokumentasi. Teknik analisa data menggunakan  uji statistik non-parametrik Wilcoxon Signed Ranks Test.  Penelitian ini dilaksanakan pada anak usia 5-6 tahun di TK Negeri Model Mataram. Hasil  analisis menggunakan IBM SPSS Statistik 30  menunjukan nilai Asymp. Sig (2-tailed) 0,002 < 0,05,  sehingga Ha diterima serta HO ditolak. Hal ini menunjukkan bahwa pendekatan PBL berpengaruh signifikan terhadap peningkatan kemampuan motorik halus anak

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

obsesi

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini is an peer-reviewed journal dedicated to interchange for the results of high quality research in all aspect of early childhood educatuion. The journal publishes state-of-art papers in fundamental theory, experiments and simulation, as well as ...