Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini
Vol. 9 No. 5 (2025): in Progress

Pengembangan E-Book Cerita Bergambar terhadap Keterampilan Berbicara Anak Usia 4-5 Tahun

Firiyani, Afiyah (Unknown)
Asmawati, Luluk (Unknown)
Hendrayana, Aan (Unknown)



Article Info

Publish Date
12 May 2025

Abstract

Berbicara adalah keterampilan yang tidak serta merta dimiliki oleh anak-anak, namun perlu distimulus oleh lingkungan. Melalui  berbicara, seseorang dapat menyampaikan pendapat, informasi, dan perasaan mereka sehingga orang lain dapat memahami maksud dan keinginan kita. Kurangnya keterampilan berbicara anak dalam hal kesulitan dalam mengungkapkan pendapat, menceritakan ulang dari cerita yang telah didengar, serta merespon percakapan dengan baik karena kurangya media pembelajaran yang menarik sebagai pembaharuan mengikuti perkembangan teknologi yang ada. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan produk ebook cerita bergambar. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian dan pengembangan research and development dengan model ADDIE dengan tahapan Analisis, Desain, Pengembangan, Implementasi, dan Evaluasi. Pengumpulan data menggunakan wawancara dan angket, sedangkan untuk analisis data menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Validitas dan evaluasi produk melalui ahli materi dan ahli media. Hasil validasi bahwa produk sangat layak untuk digunakan, berikut merupakan hasil dari validitas ahli media dan ahli materi : 84% dan 96%. Berdasarkan hal tersebut dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran ebook cerita bergambar sangat layak dijadikan sebagai media pembelaran bertujuan untuk meningkatkan keterampilan berbicara anak usia 4-5 tahun.  

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

obsesi

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini is an peer-reviewed journal dedicated to interchange for the results of high quality research in all aspect of early childhood educatuion. The journal publishes state-of-art papers in fundamental theory, experiments and simulation, as well as ...