Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini
Vol. 9 No. 5 (2025)

Evaluasi PAUD Inklusif dengan Model CIPP

Raniyah, Qaulan (Unknown)
Masitah, Widya (Unknown)



Article Info

Publish Date
13 Jun 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi implementasi pendidikan inklusif di lembaga pendidikan anak usia dini khususnya TK ABA se Kota Kisaran. Penelitian ini menggunakan model CIPP (Context, Input, Process dan Product). Konteks di evaluasi secara kualitatif untuk melihat tujuan dan pedoman yang digunakan. Input untuk melihat sumber daya manusia, rencana pembelajaran dan pembiayaan, sarana dan prasarana. Proses dilakukan untuk melihat pelaksanaan dan hambatan yang terjadi. Produk untuk melihat tujuan yang telah tercapai dan evaluasi dari program PAUD Inklusif. Sampel pada penelitian ini adalah sleuruh TK ABA yang ada di Kisaran Kota sebanyak 5 sekolah. Hasil evaluasi menunjukkan bahwa implementasi program PAUD inklusif di TK ABA se-Kota Kisaran masih berada pada tahap awal yang bersifat simbolik. Hasil penelitian memperlihatkan kondisi sekolah yang menyiratkan bahwa pendidikan inklusif masih sebatas wacana dan belum diintegrasikan secara utuh dalam sistem manajemen sekolah. Penelitian ini diharapkan mampu memberikan gambaran yang komprehensif mengenai sejauh mana pendidikan inklusif telah diimplementasikan sehingga berkontribusi sebagai data awal dalam pengambilan keputusan untuk penguatan dasar kebijakan dan rekomendasi praktis bagi pemerintah dan pemangku kepentingan.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

obsesi

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini is an peer-reviewed journal dedicated to interchange for the results of high quality research in all aspect of early childhood educatuion. The journal publishes state-of-art papers in fundamental theory, experiments and simulation, as well as ...