Belum ada studi eksperimental terkontrol di Indonesia yang membandingkan Flashcard cetak bergambar sederhana dengan Flashcard digital interaktif pada populasi anak usia 4–6 tahun. Penelitian ini bertujuan untuk menguji efektivitas penggunaan Flashcard Mandarin bergambar terhadap kemampuan pengenalan karakter Han Zi pada anak usia 4–6 tahun. Penelitian menggunakan metode eksperimen semu dengan desain pretest–posttest kelompok kontrol. Partisipan terdiri dari 40 anak di salah satu TK di Jakarta. Hasil analisis menunjukkan bahwa terdapat perbedaan signifikan antara kelompok eksperimen dan kontrol setelah perlakuan, dengan nilai rata-rata posttest lebih tinggi pada kelompok eksperimen. Temuan ini menunjukkan bahwa media Flashcard bergambar merupakan strategi pembelajaran yang efektif dan aplikatif untuk meningkatkan kemampuan pengenalan Han Zi anak usia dini. Media ini juga berkontribusi dalam meningkatkan keterlibatan dan antusiasme belajar. Media ini membantu anak membangun asosiasi visual yang kuat dan relevan dengan dunia nyata, sehingga mempermudah proses encoding informasi dalam memori jangka panjang.
Copyrights © 2025