Mahasiswa, khususnya yang terdaftar dalam program Perbankan Islam dan Ekonomi Islam di Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Institut Agama Islam Nusantara Batanghari, mendapatkan pendidikan dalam keahlian investasi pasar modal. Penelitian ini bertujuan untuk menguji dampak pengetahuan dan motivasi investasi terhadap minat di pasar modal Islam. Pengetahuan investasi mengacu pada pemahaman tentang penggunaan sumber daya untuk menghasilkan keuntungan, sementara motivasi investasi menunjukkan dorongan untuk terlibat dalam kegiatan investasi. Penelitian ini menggunakan metodologi kuantitatif dengan menggunakan teknik survei, termasuk 87 peserta investor mahasiswa dari Galeri Investasi Islam di Institut Agama Islam Nusantara Batanghari. Temuan analisis statistik menunjukkan bahwa pengetahuan investasi dan motivasi investasi memiliki pengaruh parsial, positif, dan substansial terhadap minat investasi. Pengetahuan investasi memiliki dampak sebesar 34,6%, sementara motivasi investasi memberikan pengaruh sebesar 54,7%. Pengetahuan investasi dan motivasi investasi bersama-sama meningkatkan minat investasi sebesar 64,3%. Temuan-temuan ini secara signifikan meningkatkan pemahaman tentang faktor-faktor penentu yang mempengaruhi minat investasi di pasar modal Islam dan memberikan dasar bagi inisiatif yang bertujuan untuk menambah minat investasi masa depan.
Copyrights © 2025