Journal of Islamic Education and Innovation (JIEI)
Vol 5, No.2: July - December 2024

Analisis pembelajaran Al-Islam dan Kemuhammadiyahan dalam membentuk nilai-nilai religius

Laila, Zulfa (Unknown)
Khofiyya, Najwa Nidaan (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Dec 2024

Abstract

Nilai-nilai religius berperan menjaga mahasiswa dalam menghadapi masalah dan tantangan pada masa studi di perguruan tinggi. Nilai religius berkaitan dengan desain pembelajaran yang dikembangkan untuk dipelajari oleh mahasiswa. Namun, nilai religius belum terinternalisasi dalam diri mahasiswa dalam pembelajarannya. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis peran pembelajaran Al-Islam dan Kemuhammadiyahan dalam membentuk nilai-nilai religius mahasisiwa. Pendekatan penelitian dilakukan dengan pendekatan penelitian kualitatif, dengan jenis penelitian deskriptif. Penelitian dilaksanakan pada mahasiswa Program Studi Ilmu Hadits, Universitas Ahmad Dahlan. Analisis data dilakukan dengan dengan teknik analisis deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran Al-Islam dan Kemuhammadiyahan pada pembelajaran Ibadah, Akhlak, dan Muamalah memiliki peran dalam memberikan pengetahuan, pemahaman, pengamalan, dan kesadaran nilai-nilai religius mahasiswa. Pembelajaran Al-Islam dan Kemuhammadiyah dilaksanakan secara terstruktur dan integratif yang mencakup kajian teoretis dan praktik terbukti efektif dalam menginternalisasikan nilai-nilai. Pembelajaran Al-Islam dan Kemuhammadiyahan yang berorientasi pada internalisasi nilai-nilai religius menjaga mahasiswa dari perilaku-perilaku yang kurang baik di kampus dan masyarakat.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jiei

Publisher

Subject

Religion Education Social Sciences

Description

The main objective of the publication is to share or publish scientific article base on research and review from professional writers, researches, teachers, and lectures about Islamic education and innovation. The paper could be the original research paper, technical paper, conceptual paper, case ...