Nilai-nilai religius berperan menjaga mahasiswa dalam menghadapi masalah dan tantangan pada masa studi di perguruan tinggi. Nilai religius berkaitan dengan desain pembelajaran yang dikembangkan untuk dipelajari oleh mahasiswa. Namun, nilai religius belum terinternalisasi dalam diri mahasiswa dalam pembelajarannya. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis peran pembelajaran Al-Islam dan Kemuhammadiyahan dalam membentuk nilai-nilai religius mahasisiwa. Pendekatan penelitian dilakukan dengan pendekatan penelitian kualitatif, dengan jenis penelitian deskriptif. Penelitian dilaksanakan pada mahasiswa Program Studi Ilmu Hadits, Universitas Ahmad Dahlan. Analisis data dilakukan dengan dengan teknik analisis deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran Al-Islam dan Kemuhammadiyahan pada pembelajaran Ibadah, Akhlak, dan Muamalah memiliki peran dalam memberikan pengetahuan, pemahaman, pengamalan, dan kesadaran nilai-nilai religius mahasiswa. Pembelajaran Al-Islam dan Kemuhammadiyah dilaksanakan secara terstruktur dan integratif yang mencakup kajian teoretis dan praktik terbukti efektif dalam menginternalisasikan nilai-nilai. Pembelajaran Al-Islam dan Kemuhammadiyahan yang berorientasi pada internalisasi nilai-nilai religius menjaga mahasiswa dari perilaku-perilaku yang kurang baik di kampus dan masyarakat.
Copyrights © 2024