Kurikulum Tahfidz al-Qur’an yang terkelola dengan perspektif manajemen kurikulum belum menjadi perhatian para pengelola pesantren, terlebih pada pendidikan dasar. Hal ini nampak dari kecenderungan kegiatan pembelajaran yang berbentuk program daripada kurikulum. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis manajemen kurikulum Tahfidz al-Qur’an pada pendidikan dasar di Pesantren Muhammadiyah. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan meringkas data, menyajikan data, dan mengambil kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan praktik manajemen kurikulum Tahfidz al-Qur’an pada pendidikan dasar di Pesantren Muhammadiyah dilaksanakan perencanaan kurikulum, pelaksanaan kurikulum, dan evaluasi kurikulum. Dengan manajemen kurikulum, hafalan siswa dapat tercapai sebagaimana target yang direncanakan. Selain itu, manajemen kurikulum Tahfidz al-Qur’an turut mengembangkan kemampuan akademik dan spiritual siswa.
Copyrights © 2024