Journal of Islamic Education and Innovation (JIEI)
Vol 5, No.2: July - December 2024

Manajemen kurikulum Tahfidz al-Qur’an untuk pendidikan dasar di Pesantren

Ikhwan, Afiful (Unknown)
Abdullah, Muhammad Amien (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Dec 2024

Abstract

Kurikulum Tahfidz al-Qur’an yang terkelola dengan perspektif manajemen kurikulum belum menjadi perhatian para pengelola pesantren, terlebih pada pendidikan dasar. Hal ini nampak dari kecenderungan kegiatan pembelajaran yang berbentuk program daripada kurikulum. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis manajemen kurikulum Tahfidz al-Qur’an pada pendidikan dasar di Pesantren Muhammadiyah. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan meringkas data, menyajikan data, dan mengambil kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan praktik manajemen kurikulum Tahfidz al-Qur’an pada pendidikan dasar di Pesantren Muhammadiyah dilaksanakan perencanaan kurikulum, pelaksanaan kurikulum, dan evaluasi kurikulum. Dengan manajemen kurikulum, hafalan siswa dapat tercapai sebagaimana target yang direncanakan. Selain itu, manajemen kurikulum Tahfidz al-Qur’an turut mengembangkan kemampuan akademik dan spiritual siswa.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jiei

Publisher

Subject

Religion Education Social Sciences

Description

The main objective of the publication is to share or publish scientific article base on research and review from professional writers, researches, teachers, and lectures about Islamic education and innovation. The paper could be the original research paper, technical paper, conceptual paper, case ...