Al Ghafur : Jurnal Ilmiah Pengabdian Kepada Masyarakat
Vol 3, No 2 (2024): Desember

PENINGKATAN KETERAMPILAN DIGITAL SISWA SEKOLAH DASAR MELALUI PENGENALAN CANVA: STUDI KASUS DI SD NEGERI KAREUNG

Salat, Junaidi (Unknown)
Fajri, Heri (Unknown)
Fadhli, Teuku (Unknown)



Article Info

Publish Date
15 Jun 2025

Abstract

Aktivitas pengabdian masyarakat ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan teknologi anak melalui pengenalan aplikasi desain grafis Canva di SD Negeri Kareung. Di era digital saat ini, kemampuan menggunakan teknologi informasi dan komunikasi sangat penting bagi anak-anak, terutama dalam konteks pendidikan. Metode yang digunakan dalam kegiatan ini mencakup penyuluhan, demonstrasi, dan praktik mandiri, yang melibatkan siswa secara aktif dalam proses pembelajaran. Hasil kegiatan menunjukkan bahwa siswa menunjukkan keaktifan yang tinggi dan berhasil membuat desain sederhana seperti poster dan kartu ucapan. Peningkatan keterampilan teknologi siswa terlihat dari kemampuan mereka dalam menggunakan aplikasi secara mandiri. Kegiatan ini tidak hanya meningkatkan keinginan belajar dan kreativitas siswa, tetapi juga meningkatkan interaksi antara guru dan siswa. Diharapkan kegiatan ini dapat dilanjutkan dengan pelatihan lebih lanjut bagi guru dan penyediaan prasarana teknologi yang memadai untuk mendukung pembelajaran di masa depan

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

Alghafur

Publisher

Subject

Agriculture, Biological Sciences & Forestry Computer Science & IT Education Environmental Science Health Professions

Description

The aim of this journal publication is to disseminate the conceptual thoughts or ideas and research results that have been achieved in the area of community services. Al Ghafur : Jurnal Ilmiah Pengabdian Kepada Masyarakat, particularly focuses on the main problems in the development of the sciences ...