Tujuan penelitian ini dilakukan untuk mengidentifikasi pengaruh dalam capaian belajar matematika peserta didik melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Student Team Achievement Divisions (STAD), serta membandingkan efektivitasnya dengan pendekatan konvensional yang selama ini diterapkan dalam proses pembelajaran. Rancangan penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kuantitatif dengan desain eksperimen pretest dan posttest. Sampel yang terlibat dalam penelitian ini berjumlah 70 siswa. Pengumpulan data dilakukan melalui pelaksanaan tes yang terdiri dari dua jenis, yaitu pretest dan posttest. Data yang diperoleh kemudian dianalisis menggunakan statistik uji-t. Hasil penelitian menunjukan bahwa bahwa pendekatan pembelajaran kooperatif tipe STAD secara signifikan berpengaruh dalam meningkatkan capaian belajar siswa yang dapat dilihat dari nilai pretest 56,94 dengan nilai posttest 82,085 serta mengungguli metode konvensional dalam menambah tingkat capain belajar matematika siswa pada materi lingkaran yang dillihata dari hasil uji t yakni thitung > ttabel, untuk nilai thitung = 3.105 and ttabel = 1.667 yang berarti bahwa terdapat perbedaan antara capaian belajar kelas dengan pendekatan pembelajaran kooperatif tipe STAD serta metode konvensinal. Kata Kunci : Hasil Belajar; Lingkaran; Metode kovensional; Pengaruh pembelajaran; Student team achievement divisions;
Copyrights © 2025