UKM Piscok Jenggo yang berdiri sejak 2003 masih mengandalkan metode produksi dan pemasaran tradisional, sehingga mengalami keterbatasan dalam memanfaatkan teknologi digital. Padahal, perkembangan digital marketing saat ini membuka peluang besar bagi UKM untuk meningkatkan daya saing, di mana 224,3 juta pengguna internet dan 167 juta pengguna media sosial di Indonesia menjadi potensi pasar yang luas. Kegiatan ini bertujuan meningkatkan kemampuan digitalisasi UKM Piscok Jenggo untuk memperluas akses pasar, meningkatkan visibilitas merek, dan menciptakan efisiensi operasional. Metode yang digunakan meliputi konsultasi, pelatihan, dan implementasi. Hasil kegiatan menunjukkan keberhasilan dalam pembuatan Google Bisnis, desain stiker logo produk, serta optimalisasi media sosial melalui Instagram dan Facebook. Selain itu, pembuatan landing page juga membantu meningkatkan profesionalitas dan kemudahan akses pelanggan terhadap produk. Inovasi pendampingan ini memberikan kebaruan berupa pendekatan bertahap dalam transformasi digital, dengan fokus pada pemberdayaan UMKM melalui integrasi platform digital yang relevan. Secara keseluruhan, kegiatan ini berkontribusi positif dalam meningkatkan kehadiran digital UKM Piscok Jenggo serta membuka peluang pertumbuhan usaha di era digital.
Copyrights © 2025