DIMASEKA
Vol 3 No 1 (2025): April 2025

TRANSFORMASI DIGITAL: PELATIHAN UKM PISCOK JENGGO MENUJU ERA DIGITAL

Ari Muhardono (Unknown)
Wei Widia Utami (Unknown)
Hasna Salsabila Rosyidah (Unknown)
Adinda Permata Kammy (Unknown)
Mazidatul Karimah (Unknown)
M. Zidni Ifham6 (Unknown)



Article Info

Publish Date
28 Apr 2025

Abstract

UKM Piscok Jenggo yang berdiri sejak 2003 masih mengandalkan metode produksi dan pemasaran tradisional, sehingga mengalami keterbatasan dalam memanfaatkan teknologi digital. Padahal, perkembangan digital marketing saat ini membuka peluang besar bagi UKM untuk meningkatkan daya saing, di mana 224,3 juta pengguna internet dan 167 juta pengguna media sosial di Indonesia menjadi potensi pasar yang luas. Kegiatan ini bertujuan meningkatkan kemampuan digitalisasi UKM Piscok Jenggo untuk memperluas akses pasar, meningkatkan visibilitas merek, dan menciptakan efisiensi operasional. Metode yang digunakan meliputi konsultasi, pelatihan, dan implementasi. Hasil kegiatan menunjukkan keberhasilan dalam pembuatan Google Bisnis, desain stiker logo produk, serta optimalisasi media sosial melalui Instagram dan Facebook. Selain itu, pembuatan landing page juga membantu meningkatkan profesionalitas dan kemudahan akses pelanggan terhadap produk. Inovasi pendampingan ini memberikan kebaruan berupa pendekatan bertahap dalam transformasi digital, dengan fokus pada pemberdayaan UMKM melalui integrasi platform digital yang relevan. Secara keseluruhan, kegiatan ini berkontribusi positif dalam meningkatkan kehadiran digital UKM Piscok Jenggo serta membuka peluang pertumbuhan usaha di era digital.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

dimaseka

Publisher

Subject

Humanities Economics, Econometrics & Finance Education Health Professions Law, Crime, Criminology & Criminal Justice

Description

The focus and scope of this journal publication are conceptual thoughts or ideas and research results that have been achieved in the field of community service related to Economic and Social Humanities issues, which cover disciplines such as: Accounting, Management, Finance, Entrepreneurship, ...