JURNAL RUMPUN MANAJEMEN DAN EKONOMI
Vol. 2 No. 3 (2025): Mei

Pengaruh Harga dan Kualitas Produk terhadap Kepuasan Mahasiswa dengan Promosi sebagai Variabel Moderasi pada Indomaret di Sekitar Kampus UNM Gunung Sari

Romansyah Sahabuddin (Unknown)
Azlan Azhari (Unknown)
Salmawati Abbas (Unknown)
Andriansyah Andriansyah (Unknown)
Nur Ichwana (Unknown)
Ghazyah Dinah (Unknown)



Article Info

Publish Date
10 May 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh harga dan kualitas produk terhadap kepuasan mahasiswa dengan promosi sebagai variabel moderasi pada Indomaret di sekitar Kampus UNM Gunung Sari. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan teknik Structural Equation Modeling (SEM) yang dianalisis menggunakan software LISREL. Data diperoleh dari 206 responden yang diambil menggunakan kuesioner. Hasil analisis menunjukkan bahwa harga memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan mahasiswaMenariknya, promosi tidak dipengaruhi oleh harga secara signifikan dan bahkan berkorelasi negatif dengan kualitas produk. Namun, kepuasan mahasiswa terbukti berpengaruh positif terhadap respon terhadap promosi, yang menunjukkan bahwa kepuasan pelanggan berperan penting dalam memperkuat efektivitas promosi. Penelitian ini memberikan wawasan bagi Indomaret dalam merancang strategi harga, kualitas, dan promosi yang lebih efisien untuk meningkatkan kepuasan konsumen, terutama di kalangan mahasiswa.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jrme

Publisher

Subject

Chemistry Decision Sciences, Operations Research & Management Economics, Econometrics & Finance Mathematics Social Sciences

Description

JURNAL RUMPUN MANAJEMEN DAN EKONOMI (JRME) berfokus pada penerbitan artikel berkualitas tinggi yang didedikasikan untuk semua aspek penelitian, masalah, dan perkembangan terbaru di bidang Ilmu Manajemen. Topik dalam Jurnal ini berkaitan dengan aspek apapun dari manajemen, namun tidak terbatas pada ...