Jurnal Bisnis Mahasiswa
Vol 5 No 4 (2025): Jurnal Bisnis Mahasiswa

Pengaruh Persepsi Produk dan Persepsi Harga terhadap Keputusan Pembelian dengan Keunggulan Bersaing sebagai Variabel Intervening

Yunita, Ade (Unknown)
Nasution, Ade Parlaungan (Unknown)
Rafika, Mulya (Unknown)



Article Info

Publish Date
24 Jun 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh persepsi produk dan persepsi harga terhadap keputusan pembelian dengan keunggulan bersaing sebagai variabel intervening pada pengguna sepeda motor Honda Scoopy di Panai Hulu. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan teknik pengumpulan data melalui kuesioner kepada 100 responden. Data dianalisis menggunakan Structural Equation Modeling berbasis Partial Least Squares (SEM-PLS). Hasil penelitian menunjukkan bahwa persepsi produk dan persepsi harga berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian. Selain itu, keunggulan bersaing terbukti memediasi hubungan antara persepsi produk dan persepsi harga terhadap keputusan pembelian. Temuan ini mengindikasikan bahwa peningkatan persepsi konsumen terhadap kualitas produk dan harga yang kompetitif akan memperkuat keunggulan bersaing dan mendorong keputusan pembelian. Penelitian ini memberikan implikasi bagi produsen untuk terus meningkatkan kualitas produk dan strategi harga guna mempertahankan posisi kompetitif di pasar.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jurnal

Publisher

Subject

Decision Sciences, Operations Research & Management Economics, Econometrics & Finance Environmental Science Social Sciences Other

Description

Tujuan dari Jurnal Bisnis Mahasiswa ini adalah untuk mendorong penyebaran seluas-luasnya hasil penelitian ilmiah akademisi dibidang bisnis. Jurnal Bisnis Mahasiswa mengundang artikel-artikel di bidang: Manajemen Akuntansi Ekonomi e-Business Jurnal Bisnis Mahasiswa menerima artikel-artikel yang ...