Abstak: Penelitian Tindakan Kelas ini bertujuan untuk meningkatkan efektivitas pembelajaran Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan (PJOK) di kelas VII SMP Swasta Sei Mencirim Medan melalui penerapan strategi pembelajaran yang variatif dan partisipatif. Berdasarkan observasi awal, ditemukan bahwa pendekatan pembelajaran yang digunakan masih bersifat pasif dan belum mampu mengoptimalkan keterlibatan siswa dalam penguasaan keterampilan gerak dasar. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus menggunakan pendekatan tindakan kelas yang mencakup tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Strategi pembelajaran yang diterapkan meliputi metode kooperatif, demonstrasi, dan pembelajaran berbasis kelompok. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan yang signifikan dalam aspek kognitif, afektif, dan psikomotorik siswa setelah tindakan dilakukan. Selain itu, terjadi perubahan positif dalam motivasi, partisipasi aktif, dan pemahaman siswa terhadap materi pendinginan (cooling down) sebagai bagian penting dalam rutinitas olahraga. Temuan ini menegaskan bahwa pemilihan strategi pembelajaran yang tepat dan kontekstual berperan penting dalam keberhasilan proses pembelajaran PJOK.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2024