PENDALAS: Jurnal Penelitian Tindakan Kelas dan Pengabdian Masyarakat
Vol 4 No 1 (2024): PENDALAS

PENERAPAN STRATEGI LATIHAN FISIK TERSTRUKTUR UNTUK MENINGKATKAN KEBUGARAN JASMANI SISWA KELAS X SMA SWASTA DI TAPANULI SELATAN

Putri, Cahya Widiya (Unknown)
Annisa Almeida (Unknown)
Kesi (Unknown)



Article Info

Publish Date
25 Apr 2025

Abstract

Abstrak: Penelitian Tindakan Kelas ini bertujuan untuk meningkatkan kebugaran jasmani siswa kelas X SMA Swasta di Tapanuli Selatan melalui penerapan strategi latihan fisik terstruktur. Berdasarkan hasil observasi awal, diketahui bahwa tingkat kebugaran jasmani siswa masih rendah, yang ditandai dengan cepat lelah saat aktivitas fisik serta kurangnya motivasi dalam mengikuti pelajaran PJOK. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus tindakan yang mencakup tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Strategi latihan fisik yang diterapkan disusun berdasarkan prinsip latihan yang sesuai, seperti prinsip kesinambungan, beban bertahap, dan individualisasi. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan signifikan dalam aspek daya tahan, kekuatan otot, kelenturan, dan kecepatan siswa setelah tindakan dilakukan. Selain itu, terjadi peningkatan motivasi belajar dan kesadaran siswa terhadap pentingnya menjaga kebugaran jasmani dalam kehidupan sehari-hari. Temuan ini menegaskan bahwa penerapan strategi latihan fisik yang sistematis dan terstruktur dapat secara efektif mendukung pencapaian tujuan pembelajaran PJOK serta meningkatkan kualitas kesehatan siswa secara menyeluruh.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

pendalas

Publisher

Subject

Religion Humanities Education Environmental Science Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences

Description

PENDALAS: Jurnal Penelitian Tindakan Kelas dan Pengabdian Masyarakat (ISSN: Proses; E-ISSN:2807-7334) adalah jurnal yang menerbitkan hasil-hasil penelitian bidang pendidikan umum maupun pendidikan keagamaan, sosial budaya, sosial keagamaan, sosial ekonomi, dan hasil riset penelitian kebijakan ...