Al-Madrasah: Jurnal Ilmiah Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah
Al-Madrasah Vol. 9, No. 2 (April 2025)

Pemanfaatan Aplikasi Berbasis Kecerdasan Buatan dalam Mengembangkan Literasi Digital di Madrasah

Rozi, Fathor (Unknown)
Najiyah, Izzah (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Apr 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan dampak penggunaan aplikasi kecerdasan buatan (AI) dalam proses pembelajaran disekolah. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif deskriptif, yang digunakan untuk menjelaskan dampak pemanfaatan aplikasi kecerdasan buatan dalam proses pembelajaran disekolah. Subjek penelitian mencakup kepala sekolah, guru serta siswa di sekolah. Sumber data yang digunakan berasal dari litertur, jurnal ilmiah dan temuan observasi dilapangan, sementara itu pengumpulan data dilakukan melalui tiga teknik utama, yaitu observasi, wawancara, dan analisis dokumentasi. Hasil penelitian menggambarkan bahwa dampak memanfaatkan aplikasi kecerdasan buatan (AI) dalam pembelajaran membawa manfaat yang besar dalam mengembangkan literasi digital disekolah. Dalam pelaksanaan tersebut di MI Raudlatussalam memanfaatkan video animasi berbasis AI dalam proses pembelajaran serta menggunakan teknologi pada pelaksanaan ujian. Temuan ini menunjukkan bahwa memanfaatkan aplikasi kecerdasan buatan dalam pembelajaran tidak hanya membantu siswa mengembangkan kemampuan berfikir mereka, akan tetapi membantu siswa mengenalkan siswa pada dunia digital serta mempersiapkan tantangan dimasa depan.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

al-madrasah

Publisher

Subject

Education

Description

Al-Madrasah merupakan jurnal yang dikelola oleh Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Sekolah Tinggi Ilmu Al Quran Amuntai Kalimantan Selatan yang terbit berkala setiap 6 (enam) bulan sekali dengan scope dan issue yang diangkat terkait dengan pendidikan di tingkat madrasah ibtidaiyah ...