Alifbata: Jurnal Pendidikan Dasar
Vol 4 No 1 (2024): Alifbata

Fenomena Kriminologis Bullying Di Kalangan Peserta Didik Studi Kasus Di MI NWDI Pringgasela

SAMSUDIN, LISNAWATI (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Apr 2024

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui: (1) Pengetahuan guru dan peserta didik di MI NWDI Pringgasela tentang bullying. (2) Bentuk-bentuk bullying yang terjadi pada kalangan peserta didik di MI NWDI Pringgasela, (3) Apa saja faktor penyebab terjadinya bullying pada kalangan peserta didik di MI NWDI Pringgasela, (4) Bagaimana upaya pencegahan bullying pada kalangan peserta didik di MI NWDI Pringgasela. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif model studi kasus. Subjek penelitian: Kepala Sekolah, Waka Kesiswaan, Bapak/Ibu Guru dan peserta Didik di sekolah tersebut. Teknik pengumpulan data: Observasi, Wawancara, Dokumentasi. Hasil Penelitian yang dilakukan terkait dengan. 1). Bullying menurut guru-guru dan peserta didik yaitu: perundungan, akhlak tercela, tindakan kekerasan, ancaman, penindasan. 2). Bentuk-bentuk bullying yang terjadi yaitu: bullying fisik seperti memukul mendorong, menjambak, menendang, mencubit san lainnya dan bullying non fisik seperti celaan, mengejek, menghina, dan juga merendahkan. 3). Faktor menjadi penyebab bullying di kalangan peserta didik yaitu: keluarga, lingkungan sosial, media massa, pola asuh orang tua, berawal dari bercandaan, peserta didikyang berkebutuh khusus, tersinggung, bosan, mencari perhatian. 4). Upaya pencegahan bullying pada kalangan peserta didik yaitu: percaya diri, berani melawan, laporkan kepada guru/orang tua, membagi pengalaman bersama teman yang juga mengalami pembullyan, melakukan pencegahan bullying, sosialisasi, membiasakan peserta didik kerja tim.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

alifbata

Publisher

Subject

Religion Humanities Education Languange, Linguistic, Communication & Media Other

Description

Journal AlifBata focuses on a critical study of primary education. Investigated the dynamics of learning of children at the primary level / Madrasah. Additionally, focus of study examines the development of basic education issues. The scope includes; Learning (Mathematics, Science, Social Studies, ...