Tujuan penelitian ini untuk mengetahui: (1) Pengetahuan guru dan peserta didik di MI NWDI Pringgasela tentang bullying. (2) Bentuk-bentuk bullying yang terjadi pada kalangan peserta didik di MI NWDI Pringgasela, (3) Apa saja faktor penyebab terjadinya bullying pada kalangan peserta didik di MI NWDI Pringgasela, (4) Bagaimana upaya pencegahan bullying pada kalangan peserta didik di MI NWDI Pringgasela. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif model studi kasus. Subjek penelitian: Kepala Sekolah, Waka Kesiswaan, Bapak/Ibu Guru dan peserta Didik di sekolah tersebut. Teknik pengumpulan data: Observasi, Wawancara, Dokumentasi. Hasil Penelitian yang dilakukan terkait dengan. 1). Bullying menurut guru-guru dan peserta didik yaitu: perundungan, akhlak tercela, tindakan kekerasan, ancaman, penindasan. 2). Bentuk-bentuk bullying yang terjadi yaitu: bullying fisik seperti memukul mendorong, menjambak, menendang, mencubit san lainnya dan bullying non fisik seperti celaan, mengejek, menghina, dan juga merendahkan. 3). Faktor menjadi penyebab bullying di kalangan peserta didik yaitu: keluarga, lingkungan sosial, media massa, pola asuh orang tua, berawal dari bercandaan, peserta didikyang berkebutuh khusus, tersinggung, bosan, mencari perhatian. 4). Upaya pencegahan bullying pada kalangan peserta didik yaitu: percaya diri, berani melawan, laporkan kepada guru/orang tua, membagi pengalaman bersama teman yang juga mengalami pembullyan, melakukan pencegahan bullying, sosialisasi, membiasakan peserta didik kerja tim.
Copyrights © 2024