Penyebaran informasi lomba di bidang informatika saat ini masih tersebar di berbagai platform digital seperti media sosial dan situs web, menyebabkan kesulitan pengguna dalam mengakses informasi lomba yang relevan. Permasalahan ini berdampak pada rendahnya partisipasi peminat lomba dalam kegiatan kompetitif dan terbatasnya pengembangan kompetensi. Penelitian ini bertujuan mengembangkan aplikasi portal lomba informatika berbasis Android dengan Firebase sebagai backend dan mengimplementasikan metode Prototype dalam pengembangannya. Pendekatan prototype dipilih karena memungkinkan pengembangan aplikasi secara iteratif berdasarkan umpan balik pengguna. Aplikasi dirancang dengan dua role utama, pencari lomba dan penyelenggara lomba, serta mengintegrasikan fitur pendaftaran langsung. Pengembangan dilakukan melalui tahapan pengumpulan kebutuhan, perancangan prototype awal, evaluasi pengguna, perbaikan prototype, dan implementasi sistem. Proses iterasi dilakukan untuk menyempurnakan fitur dan antarmuka pengguna. Berdasarkan pengujian black box hasilnya menunjukkan bahwa seluruh fitur utama aplikasi berfungsi dengan baik. Hasil penelitian menunjukkan aplikasi berhasil mengintegrasikan informasi lomba dalam satu platform terpadu untuk memudahkan pengguna mengakses informasi lomba yang relevan, serta menyediakan wadah bagi penyelenggara untuk mempromosikan lomba mereka.
Copyrights © 2025