Perkembangan teknologi kecerdasan buatan (AI) telah membuka peluang baru dalam dunia pendidikan, salah satunya melalui penggunaan ChatGPT. Artikel ini bertujuan untuk mengkaji penerapan ChatGPT sebagai strategi pembelajaran inovatif dalam Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) mahasiswa Pendidikan Profesi Guru (PPG) di SMP Negeri 7 Malang. Penelitian ini menggunakan pendekatan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) model Kemmis dan McTaggart, yang dilaksanakan dalam dua siklus pada siswa kelas VII A sebanyak 30 orang. Fokus pembelajaran adalah pengenalan konsep dasar pemrograman dengan media Scratch yang dipadukan dengan ChatGPT sebagai pendamping interaktif. Pada Siklus I, pembelajaran diarahkan untuk memperkuat pemahaman siswa terhadap konsep-konsep dasar seperti variabel dan perulangan. Sedangkan pada Siklus II, siswa menerapkan konsep-konsep tersebut dalam proyek animasi menggunakan Scratch. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan ChatGPT membantu siswa memahami materi dengan lebih mudah, meningkatkan motivasi belajar, serta mendorong partisipasi aktif dalam proses pembelajaran. Dengan demikian, ChatGPT terbukti menjadi strategi baru yang efektif dalam meningkatkan hasil belajar siswa dan relevan dengan kebutuhan pendidikan abad ke-21.
Copyrights © 2025