Latar Belakang:Puskesmas Anjir Serapat merupakan salah satu instansi kesehatan yang memliki tugas untuk dapat memberikan pelayanan kesehatan kepada masyarakat. Asuhan kebidanan pada ibu post partum salah satunya pelayanan yang diberikan. Cakupan pelayanan pada ibu nifas menurut Dinas Kesehatan pada tahun 2022 di Provinsi Kalimantan Tengah yaitu KF1 sebesar 85.7%, KF2 sebesar 2,5% dan KF3 sebesar 80,6%, namun di wilayah Kerja UPT Puskesmas Anjir Serapat pada bulan agustus 2023 terdapat 66 jumlah ibu nifas, pada bulan September menurun menjadi 53 ibu nifas dan bulan Oktober 2023 terdapat 41 ibu nifas. Berdasarkan hasil dari tanya jawab yang dilakukan kepada 15 ibu nifas, 9 ibu nifas mengenai pelayanan petugas kesehatan pada saat asuhan masa nifas menyatakan kurang puas terhadap pelayanan yang diberikan, 6 orang cukup puas, karena bidan jarang untuk datang melakukan kunjungan masa nifasTujuan:Mengetahui kepuasan asuhan kebidanan pada ibu post partum di wilayah kerja UPT Puskesmas Anjir SerapatMetode:Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitif. Sampel dalam penelitian ini adalah ibu post partum hari ke 14 sampai hari ke 42 dengan jumlah 30 orangHasil:responden yang puas terhadap layanan asuhan kebidanan sebanyak 19 orang (63,3%) dan yang tidak puas sebanyak 11 orang (36,7%) dan petugas kesehatan yang melakukan kunjungan nifas sebanyak sebanyak 17 orang (56,6%) sedangkan tidak melakukan sebanyak 13 orang (43,3%)Simpulan:masih terdapat ibu yang tidak puas terhadap layanan asuhan kebidanan di UPT Puskesmas Anjir SerapatKata kunci: ibu nifas, kepuasan, layanan asuhan
Copyrights © 2025