Journal of Psychology and Instructions
Vol. 9 No. 1 (2025): April

Gerakan Literasi Sekolah Berbasis Tat Twam Asi untuk mencegah Bullying di SD Negeri 2 Meliling

Diatmika, Ni Luh Emi (Unknown)
Divayana, Dewa Gede Hendra (Unknown)
Agung, Anak Agung Gede (Unknown)



Article Info

Publish Date
26 Apr 2025

Abstract

Bullying atau perundungan saat ini menjadi suatu hal yang memerlukan perhatian khusus, terutama di dunia Pendidikan. Upaya pencegahan bullying tentunya harus dilakukan sejak dini, apalagi dengan adanya kebijakan merdeka belajar yang menyediakan ruang kreatifitas yang luas bagi siswa sehingga karakter merupakan pondasi utama dalam mengembangkan pembelajaran. Kepala SD Negeri 2 Meliling masih menemukan beberapa kasus perundungan yang sangat mempengaruhi kenyamanan siswa dalam mengikuti kegiatan pembelajaran. Upaya yang dilakukan untuk pencegahan perundungan di sekolah adalah melalui “Gerakan Literasi Sekolah berbasis Tat Twam Asi”. Berdasarkan observasi guru dan wawancara bersama siswa serta orangtua siswa dapat ditemukan kasus bullying atau perundungan yg cukup tinggi . Teknik pelaksanaan Gerakan Literasi Sekolah berbasis Tat Twam Asi dilaksanakan dengan meluncurkan 4 langkah diantaranya Collaboration, Positive Culture, Saturday Creativity dan Useful Break. Semenjak dilaksanakan Gerakan Literasi Sekolah berbasis Tat Twam Asi kasus perundungan mengalami penurunan yang signifikan.Tingkat perundungan yang terjadi di sekolah berangsur – angsur menurun. Hal ini menunjukan bahwa Gerakan Literasi Sekolah berbasis Tat Twam Asi dapat mencegah terjadinya perundungan di SD Negeri 2 Meliling.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

JoPaI

Publisher

Subject

Arts Humanities Education Environmental Science

Description

Journal of Psychology and Instruction (JPAI), is an open access international journal which has been established for the dissemination of knowledge in the field of educational psychology and instructions. JPAI is currently accepting manuscripts for publication. In the interest of regional variations ...