Permainan mempunyai kemampuan untuk melibatkan siswa dalam proses belajar secara aktif. Salah satu cara yaitu dengan menjadikan permainan tradisional sebagai media pembelajaran yang bertujuan untuk memberikan uji pemahaman siswa di sekolah terutama mata pelajaran matematika. Berdasarkan permasalahan di atas alternatif strategi yang bisa digunakan dalam pembelajaran matematika ialah dengan menggunakan permainan tradisional sunda manda (engklek). Penelitian ini bertujuan untuk Mendeskripsikan pengembangan permainan Sunda Manda, Mendeskripsikan permainan Sunda Manda, Mendeskripsikan keterimaan permainan Sunda Manda, serta Mendeskripsikan kelayakan permainan Sunda Manda. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian pengembangan atau Research and Development (RD) yaitu rangkaian proses atau langkah-langkah dalam pengembangan suatu produk baru atau menyempurnakan produk yang sudah ada agar dapat dipertanggung jawabkan. Hasil angket respon guru mendapatkan hasil 94% yang berarti termasuk ke dalam kategori “Sangat Efektifâ€. Setelah media sunda manda divalidasi oleh ahli media dan ahli materi maka media sunda manda selesai dan valid untuk dipergunakan dalam pembelajaran di kelas III Sekolah Dasar Kelayakan permainan Sunda Manda berdasarkan hasil kelayakan angket keefektifan kepada guru dan angket keterimaan peserta didik yang mendapatkan hasil 86% dengan kategori “Sangat Efektifâ€. Media sunda manda yang dikembangkan memiliki kelebihan antara lain yaitu peserta didik lebih senang dengan pembelajaran sambil bermain, secara berkelompok peserta didik dapat bersosialisasi dengan temannya.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2024