Discovery Learning adalah model pembelajaran berpusat pada siswa yang terbatas pada stimulasi refleksi diri melalui pertanyaan dan di mana siswa menemukan pengetahuan secara mandiri di bawah bimbingan guru. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pelaksanaan model pembelajaran discovery learning pada materi keseimbangan pasar dalam memfasilitasi kemampuan komunikasi pada siswa sekolah menengah atas Pekanbaru. Metode penelitian ini adalah kualitatif dengan desain deskriptif serta subjek penelitian adalah guru dan 32 siswa. Adapun teknik pengumpulan data terdiri dari tes tertulis dan wawancara. Hasil penelitian menyatakan bahwa skor kemampuan komunikasi siswa yang belajar dengan model discovery learning adalah 13 siswa dalam kategori tinggi, 10 siswa dalam kategori sedang, dan 9 siswa dalam dengan kategori rendah. Para siswa cenderung cocok dengan model pembelajaran discovery learning, karena siswa diberikan kesempatan untuk mencoba terus menerus. Ini menunjukkan bahwa para siswa cenderung telah mampu untuk mengomunikasikan hasil pemikiran mereka.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2025