Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji efektivitas konseling karier berbasis CASVE dalam meningkatan kemampuan membuat keputusan karier siswa SMA. Metode yang digunakan adalah Systematic Literature Review (SLR), yang meliputi lima tahapan: perumusan pertanyaan penelitian, pencarian literatur, penetapan kriteria inklusi dan eksklusi, seleksi data, serta analisis dan sintesis. Tiga fokus utama pertanyaan penelitian adalah efektivitas CASVE dalam eksplorasi karier, indikator keberhasilan eksplorasi, dan pelaksanaan konseling CASVE di pendidikan menengah. Pencarian literatur melalui basis data seperti Scopus dan ERIC menghasilkan 10 artikel yang memenuhi kriteria inklusi. Data dianalisis secara deskriptif-kualitatif untuk mengidentifikasi tema utama, termasuk indikator keberhasilan, metode konseling CASVE, dan efektivitas intervensi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa konseling karier berbasis CASVE terbukti efektif dalam meningkatan kemampuan membuat keputusan karier siswa SMA. Efektivitas ini tercermin dalam peningkatan pemahaman diri, pengambilan keputusan karier, kejelasan perencanaan karier, serta pengurangan kebingungan karier siswa. Lima indikator keberhasilan eksplorasi karier yang ditemukan adalah kesadaran diri terhadap karier, perilaku aktif mencari informasi karier, efikasi dalam pengambilan keputusan karier, kejelasan dan perencanaan karier, serta pengurangan kebingungan karier. Implementasi CASVE juga menunjukkan fleksibilitas yang tinggi, dapat diterapkan dalam konseling individu, kelompok, maupun berbasis kelas, dan mendukung integrasi teknologi dalam proses bimbingan karier.
Copyrights © 2025