Perencanaan pembelajaran yang efektif membutuhkan dukungan data yang akurat serta dengan kebutuhan belajar siswa. Aplikasi Rapor Pendidikan berbasis digital merupakan aplikasi yang memfasilitasi guru dalam menyusun rencana pembelajaran yang relevan, adaptif, dan berlandaskan pada capaian pembelajaran siswa. Kegiatan pengabdian masyarakat dilakukan dengan tujuan untuk melatih para guru mitra meningkatkan kemampuan perencanaan pembelajaran dengan memanfaatkan rekomendasi yang diberikan oleh aplikasi Rapor Pendidikan berbasis digital. Metode kegiatan dilaksanakan dengan menggunakan tiga tahapan, yakni pelatihan dalam bentuk workshop interaktif, demonstrasi dalam bentuk simulasi studi kasus, dan evaluasi berbasis proyek. Kegiatan dilakukan selama 3 hari. Peserta kegiatan adalah para guru lintas jenjang yang terdiri dari 10 orang guru SD, 15 orang guru SMP, dan 8 orang guru SMA. Data peningkatan kemampuan perencanaan pembelajaran guru dilakukan dengan memberikan angket sebelum dan setelah kegiatan dilaksanakan. Data lainnya juga dikumpulkan melalui wawancara kepada peserta setelah kegiatan dilaksanakan. Hasil pengumpulan data angket dianalisis secara deskriptif menggunakan skala likert. Hasil menunjukkan bahwa sebesar peningkatan kemampuan perencanaan pembelajaran sebelum dan setelah pemberian kegiatan pelatihan meningkat sebesar 75,54% (kategori peningkatan yang cukup tinggi). Hasil wawancara juga menunjukkan bahwa peserta antusias, aktif, dan terbantu dalam merancang perencanaan pembelajaran berbasis data. Berdasarkan hasil yang diperoleh maka diperlukan pendampingan lanjutan melalui komunitas belajar yang dilakukan per bulan untuk meningkatkan optimalisasi penggunaan aplikasi Rapor Pendidikan berbasis digital dalam memfasilitasi guru merencanakan kegiatan pembelajaran yang sesuai dengan kebutuhan siswa
Copyrights © 2025