Jurnal Promosi Pendidikan Ekonomi
Vol 13, No 1 (2025): PROMOSI

Pengaruh Perceived Usefulness, Perceived Ease of Use, dan Literasi Keuangan Terhadap Keputusan Penggunaan Aplikasi Investasi

Ummah, Khoiru (Unknown)
Sangka, Khresna Bayu (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 May 2025

Abstract

Digitalisasi telah mengubah cara bertransaksi seorang investor pada pasar modal. Penggunaan aplikasi investasi seperti Bibit, Bareksa, Ajaib, Stockbit, IPOT, RTI Business, dan lain sebagainya telah menjadi trend baru dalam aktivitas keuangan. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji pengaruh Perceived Usefulness, Perceived Ease of Use, dan Literasi Keuangan terhadap keputusan untuk tetap menggunakan aplikasi investasi. Penelitian dilakukan terhadap 165 responden yang merupakan mahasiswa Universitas Sebelas Maret yang pernah atau sedang menggunakan aplikasi investasi setidaknya satu kali dengan pemilihan sampel secara non probabilitas. Hipotesis diuji dengan metode analisis regresi linear berganda berbantuan aplikasi SPSS. Studi membuktikan, keputusan untuk tetap menggunakan aplikasi investasi dipengaruhi oleh perceived usefulness dan literasi keuangan secara signifikan, sedangkan perceived ease of use tidak mempunyai pengaruh yang signifikan. Kajian ini memberikan kontribusi baru terhadap Technology acceptance model (TAM) dan pengembang aplikasi investasi serta institusi pendidikan diharapkan dapat meningkatkan manfaat, kemudahan penggunaan dari aplikasi investasi serta literasi keuangan mahasiswa untuk mendorong penggunaan aplikasi investasi meskipun perceived ease of use tidak berpengaruh kepada keputusan untuk tetap menggunakan aplikasi investasi.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

ekonomi

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance

Description

PROMOSI: Jurnal Program Studi Pendidikan Ekonomi, e-ISSN: 2442-9449, p-ISSN: 2337-4721, is the Journal of Economic Education University of Muhammadiyah Metro published two times a year every May and November, to accommodate the results of research, articles and scientific papers, in particular ...