Pembelajaran pada mata pelajaran Instalasi Penerangan Listrik (IPL) masih berpusat pada guru dan minim bahan belajar, sehingga minat belajar siswa rendah dan tujuan pembelajaran tidak tercapai secara optimal. Untuk mengatasi hal ini, dikembangkan modul pembelajaran berbasis Islami yang dirancang untuk membantu siswa kelas XI bidang keahlian TITL belajar mandiri sesuai kemampuan mereka. Penelitian ini menggunakan metode Research and Development (R&D) dengan model pengembangan 4D: Define, Design, Develop, dan Disseminate. Modul dikembangkan berdasarkan Kompetensi Dasar 3.4 dan 4.4 yang terkait dengan komponen instalasi penerangan pada bangunan sederhana. Subjek penelitian adalah modul pembelajaran dan respondennya adalah guru IPL sebagai uji praktikalitas. Pengumpulan data dilakukan melalui lembar validasi oleh pakar bahasa, media, materi, dan integrasi keislaman, serta praktikalitas oleh guru IPL. Hasil validasi menunjukkan rata-rata kelayakan modul sebesar 72,5%, dikategorikan layak, sementara hasil praktikalitas guru mencapai 87,5%, dikategorikan sangat layak. Penelitian ini menyimpulkan bahwa modul yang dikembangkan valid dan sangat layak digunakan sebagai bahan ajar.
Copyrights © 2025