JOURNAL OF EDUCATION SCIENCE
Vol 11, No 1 (2025): APRIL 2025

PENGEMBANGAN MODUL BERBASIS ISLAMI PADA MATA PELAJARAN INSTALASI PENERANGAN LISTRIK

Utama, Rizki Julia (Unknown)
Hidayat, Riski Isni (Unknown)



Article Info

Publish Date
19 Apr 2025

Abstract

Pembelajaran pada mata pelajaran Instalasi Penerangan Listrik (IPL) masih berpusat pada guru dan minim bahan belajar, sehingga minat belajar siswa rendah dan tujuan pembelajaran tidak tercapai secara optimal. Untuk mengatasi hal ini, dikembangkan modul pembelajaran berbasis Islami yang dirancang untuk membantu siswa kelas XI bidang keahlian TITL belajar mandiri sesuai kemampuan mereka. Penelitian ini menggunakan metode Research and Development (R&D) dengan model pengembangan 4D: Define, Design, Develop, dan Disseminate. Modul dikembangkan berdasarkan Kompetensi Dasar 3.4 dan 4.4 yang terkait dengan komponen instalasi penerangan pada bangunan sederhana. Subjek penelitian adalah modul pembelajaran dan respondennya adalah guru IPL sebagai uji praktikalitas. Pengumpulan data dilakukan melalui lembar validasi oleh pakar bahasa, media, materi, dan integrasi keislaman, serta praktikalitas oleh guru IPL. Hasil validasi menunjukkan rata-rata kelayakan modul sebesar 72,5%, dikategorikan layak, sementara hasil praktikalitas guru mencapai 87,5%, dikategorikan sangat layak. Penelitian ini menyimpulkan bahwa modul yang dikembangkan valid dan sangat layak digunakan sebagai bahan ajar.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jes

Publisher

Subject

Education

Description

The aim of the Journal of Education Science (JES), p-ISSN 2442-3106, e-ISSN 2615-5338 is to provide an international forum for the sharing, dissemination and discussion of research, experience and perspectives across a wide range of education, teaching, development, instruction, educational projects ...