JOURNAL OF EDUCATION SCIENCE
Vol 11, No 1 (2025): APRIL 2025

HUBUNGAN LINGKUNGAN KERJA DAN KOMPENSASI TERHADAP KINERJA PEGAWAI UNIVERSITAS MEDAN AREA PADA MASA PANDEMI COVID-19

Prabudi, Bayu Arif (Unknown)
Herawati, Herawati (Unknown)
Marniati, Marniati (Unknown)



Article Info

Publish Date
24 Apr 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan lingkungan kerja dan kompensasi terhadap kinerja pegawai Universitas Medan Area di masa pandemi Covid-19. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif korelasional. Populasi dalam penelitian ini yakni pegawai aktif Universitas Medan Area sebanyak 195 orang. Sampel dalam penelitian ini merupakan pegawai Universitas Medan Area berjumlah 30 orang. Teknik pengambilan sampel dengan teknik accidental sampling. Analisis data yang digunakan adalah teknik analisis Regresi Berganda dengan menggunakan software SPSS. Penelitian ini menggunakan skala dengan instrumen lingkumgan kerja, kompensasi terhadap kinerja pegawai. Hasil penelitian menunjukkan: a) ada hubungan positif yang signifikan antara Lingkungan Kerja terhadap Kinerja Pegawai, ditunjukkan dengan nilai koefisien determinan (R2) = 0.515 dengan p = 0.040 < 0.050. b) ada hubungan positif yang signifikan antara Kompensasi terhadap Kinerja Pegawai, ditunjukkan dengan nilai koefisien determinan (R2) = 0.382 dengan p = 0.037 < 0.050. c) hubungan positif yang signifikan antar Lingkungan Kerja dan Kompensasi terhadap Kinerja Pegawai, ditunjukan dari hasil koefisien nilai koefisien determinan (R2) = 0.515 dengan p = 0.016 < 0.050 maka dapat di simpulkan bahwa ada hubungan variabel Lingkungan Kerja dan Kompensasi terhadap Kinerja Pegawai. Dengan demikian dapat di nyatakan bahwa hipotesis yang di ajukan dalam penelitian ini, dinyatakan diterima.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jes

Publisher

Subject

Education

Description

The aim of the Journal of Education Science (JES), p-ISSN 2442-3106, e-ISSN 2615-5338 is to provide an international forum for the sharing, dissemination and discussion of research, experience and perspectives across a wide range of education, teaching, development, instruction, educational projects ...