JOURNAL OF EDUCATION SCIENCE
Vol 11, No 1 (2025): APRIL 2025

PENGELOLAAN SARANA DAN PRASARANA PENDIDIKAN DALAM MENINGKATKAN KUALITAS PEMBELAJARAN

Nelliraharti, Nelliraharti (Unknown)
Jarmita, Nida (Unknown)



Article Info

Publish Date
24 Apr 2025

Abstract

Pengelolaan sarana dan prasarana pendidikan merupakan faktor kunci dalam meningkatkan kualitas pembelajaran di Indonesia. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengelolaan sarana dan prasarana pendidikan di sekolah-sekolah Indonesia dan dampaknya terhadap kualitas pembelajaran. Metode yang digunakan adalah metode kepustakaan (Library Research) dengan menganalisis berbagai literatur terkait pengelolaan fasilitas pendidikan di Indonesia. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengelolaan sarana dan prasarana yang efektif dan efisien berpengaruh signifikan terhadap kualitas pembelajaran. Sarana yang memadai, seperti ruang kelas yang nyaman, alat pembelajaran yang lengkap, dan akses teknologi pendidikan dapat menciptakan lingkungan belajar yang kondusif serta meningkatkan motivasi dan keterlibatan siswa dalam pembelajaran. Penelitian ini juga mengungkapkan adanya ketimpangan pengelolaan sarana dan prasarana antara daerah perkotaan dan pedesaan, di mana sekolah di daerah pedesaan sering kekurangan fasilitas dasar. Selain itu, tantangan yang dihadapi dalam pengelolaan sarana dan prasarana termasuk keterbatasan anggaran, kurangnya perawatan yang terjadwal, serta perencanaan yang kurang matang. Penelitian ini merekomendasikan peningkatan perencanaan yang lebih baik, pemerataan fasilitas pendidikan di seluruh daerah, serta peningkatan kapasitas pengelola fasilitas pendidikan melalui pelatihan yang berkelanjutan.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jes

Publisher

Subject

Education

Description

The aim of the Journal of Education Science (JES), p-ISSN 2442-3106, e-ISSN 2615-5338 is to provide an international forum for the sharing, dissemination and discussion of research, experience and perspectives across a wide range of education, teaching, development, instruction, educational projects ...