AbstrakPenelitian ini membahas tentang analisis merancang Business Model Canvas (BMC) Tel U Store, Tel U Store adalah toko yangmenyediakan berbagai merchandise resmi Telkom University. Tujuan utama dari pendirian Tel U Store adalah untukmendorong semangat kewirausahaan, komersialisasi produk inovatif, serta menjadi wadah uji coba bagi inovasi peneliti daninovator di Telkom University. Namun, model bisnis yang diterapkan saat ini belum mendorong semangat kewirausahaan danmenunjukkan adanya beberapa tantangan seperti minimnya aktivitas promosi, keterbatasan sumber daya manusia, sistempencatatan yang tidak efisien, keterbatasan produk eksklusif, kurangnya upaya mempertahankan pelanggan lama, dan distribusiterbatas. Model bisnis saat ini belum menjangkau semangat kewirausahaan seluruh mahasiswa Telkom University, hanyamahasiswa FIK.Penelitian ini melibatkan tiga narasumber yang memiliki peran penting dalam memberikan informasi terkait operasional danpengembangan di Tel U Store. Penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif deskriptif. Dalam konteks ini, paradigmakualitatif dipilih untuk memahami lebih dalam tentang pengelolaan Business Model Canvas (BMC) pada Tel U Store, terutamadalam kaitannya dengan identifikasi kekuatan, kelemahan, peluang, dan ancaman (SWOT). Data yang diperoleh meliputi dataprimer berupa hasil wawancara dan data sekunder yang berupa informasi internal Tel U Store. Penelitian ini mendeskripsikanfakta-fakta yang ditemukan di lapangan secara sistematis dan faktual, yang kemudian dianalisis untuk ditarik kesimpulan.Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan yang telah dipaparkan, tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisiselemen-elemen Business Model Canvas (BMC) yang ada pada Tel U Store kemudian mengidentifikasi kendala dan tantanganutama yang dihadapi Tel U Store dalam pengelolaannya lalu melakukan analisis SWOT terhadap Business Model Canvas(BMC) untuk merancang model bisnis BMC yang optimal untuk Tel U Store guna meningkatkan kinerja dan daya saingnya. Kata kunci: Business Model Canvas (BMC), analisis SWOT, Tel U Store.
Copyrights © 2025