AbstrakPenelitian ini menganalisis pengaruh religiusitas terhadap keputusan boikot konsumen terhadap Starbucks diIndonesia serta dampaknya terhadap persepsi merek, dengan loyalitas merek sebagai variabel moderator. Menggunakanpendekatan kuantitatif, data dikumpulkan melalui survei terhadap 150 konsumen Starbucks dan dianalisis dengan SEM-PLSmenggunakan SmartPLS 3.0. Hasil penelitian menunjukkan bahwa religiusitas berpengaruh positif dan signifikan terhadapkeputusan boikot, namun loyalitas merek tidak memoderasi hubugan tersebut. Selain itu, keputusan untuk memboikotberdampak negatif terhadap persepsi merek. Temuan ini memberikan wawasan bagi perusahaan dalam mengelola risikoreputasi dan strategi mitigasi dalam menghadapi isu sosial-politik, serta membantu pemangku kepentingan memahamiperilaku konsumen dalam konteks geopolitik sensitif. Kata Kunci- Religiusitas, loyalitas merek, keputusan boikot, persepsi merek, Starbucks
Copyrights © 2025