Perkembangan teknologi informasi telah menyebabkan terjadinya transformasi dalam pola sistem perekonomian di Indonesia. UMKM merupakan tulang punggung ekonomi nasional, yang mana menyerap sekitar 97% tenaga kerja dan menyumbang 60,3% terhadap Produk Domestik Bruto (PDB) Indonesia pada 2023, senilai lebih dari Rp 9.580 triliun. Oleh karena itu, mengingat pentingnya peranan media sosial dalam memengaruhi etika komunikasi bisnis UMKM, maka hal tersebut menjadi motivasi dalam pelaksanaan penelitian ini. Dalam penelitian ini akan membahas bagaimana pentingnya praktik penggunaan media sosial yang seimbang antara efektivitas pemasaran dan tanggung jawab etika moral dalam membangun citra positif bagi bisnis, khususnya UMKM Kelompok Tani Hutan Rumah Kaum Jayakarta di Kelurahan Jatinegara Kaum. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa media sosial memiliki pengaruh langsung yang positif dan signifikan terhadap Etika Komunikasi Bisnis UMKM, khususnya UMKM di Jatinegara Kaum. Implikasi penelitian ini diharapkan mampu memberikan rekomendasi kebijakan pendampingan, pelatihan, dan kerangka kerja etika komunikasi digital. Dari sisi akademis, studi ini memperkaya literatur media sosial dan etika bisnis, serta membuka peluang penelitian lanjutan pada dinamika komunikasi digital UMKM di konteks lokal.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2025