Dalam dunia globalisasi saat ini, bahasa Inggris telah menjadi alat penting untuk komunikasi, pendidikan, dan kemajuan karier. Meskipun penting, banyak pelajar kesulitan dengan pendekatan pembelajaran bahasa tradisional, yang sering kali gagal melibatkan siswa atau memenuhi beragam gaya belajar. Mempelajari bahasa Inggris sebagai bahasa kedua atau bahasa asing dapat menjadi proses yang menantang, terutama ketika metode tradisional menjadi monoton dan tidak menarik. Makalah ini mengkaji peran aktivitas bahasa Inggris yang menyenangkan seperti permainan, lagu, mendongeng, bermain peran, dan alat digital dalam meningkatkan hasil pembelajaran bahasa. Melalui eksplorasi teori yang relevan, contoh praktis, dan temuan penelitian, makalah ini menunjukkan bagaimana aktivitas ini meningkatkan motivasi, partisipasi, dan retensi keterampilan bahasa siswa. Dengan menciptakan lingkungan belajar yang dinamis dan interaktif, aktivitas bahasa Inggris yang menyenangkan tidak hanya membuat pembelajaran lebih menyenangkan tetapi juga meningkatkan kompetensi linguistik secara signifikan. Makalah ini menyimpulkan bahwa menggabungkan metode ini ke dalam pengajaran bahasa Inggris dapat menghasilkan pengalaman belajar yang lebih efektif dan holistik, terutama dalam konteks pendidikan dasar dan menengah.
Copyrights © 2025