REFORM : JURNAL PENDIDIKAN, SOSIAL DAN BUDAYA
Vol. 8 No. 02 (2025): REFORM : Jurnal Pendidikan, Sosial, & Budaya

Kurikulum IPS SD dan SMP dalam Kerangka Menjawab Tantangan Era Industri 4.0 dan Society 5.0: Studi terhadap Kurikulum Merdeka Belajar

Muzakir (Unknown)



Article Info

Publish Date
14 May 2025

Abstract

Hadirnya kurikulum merdeka belajar (KMB) merupakan suatu jawaban atas persoalan yang terjadi dalam pendidikan di Indonesia. Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi yang begitu cepat menuntut berbagai macam kompetensi dan juga karakter untuk menghadapi situasi yang terus berubah dan personal kehidupan yang semakin kompleks. Ilmu Pengetahuan Sosial merupakan salah satu bagian dari kurikulum pendidikan nasional yang ditetapkan dalam bentuk mata pelajaran di sekolah formal. IPS memiliki kerangka kurikulum yang seharusnya bisa menjawab berbagai tantangan kehidupan masyarakat sehingga kurikulum IPS di sekolah harus diterapkan secara fleksibel sesuai dengan kebutuhan perkembangan zaman. Dalam Kurikulum Merdeka Belajar, mata pelajaran IPS mengalami beberapa perubahan baik pada nama mata pelajaran, struktur, dan pendekatan pembelajaran. Mata pelajaran IPS di SD bukan lagi menjadi mata pelajaran tersendiri akan tetapi digabung dengan mata pelajaran IPA sehingga berubah menjadi mata pelajaran IPAS yang mulai diberlakukan pada Fase B di kelas IV. Sedangkan di SMP, mata pelajaran IPS tidak mengalami perubahan. Dalam mata pelajaran IPS, struktur kurikulum terdiri dari pembelajaran intrakurikuler dan penguatan profil pelajar pancasila yang mencakup enam kompetensi yang harus dicapai oleh siswa yaitu 1) beriman, bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, dan berakhlak mulia, 2) mandiri, 3) bergotong-royong, 4) berkebinekaan global, 5) bernalar kritis, dan 6) kreatif. Kompetensi-kompetensi ini sangat relevan dengan kebutuhan dalam menghadapi tantanga era Ri 4.0 dan society 5.0. Dengan demikian, kurikukulum IPS dalam kurikulum Merdeka belajar telah menyiapkan kompetensi-kompetensi siswa untuk menghadapi tantangan-tantangan di era RI 4.0 dan society 5.0.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

reform

Publisher

Subject

Education Environmental Science Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences Other

Description

Jurnal Ilmiah REFORM diterbitkan oleh HAMJAH DIHA FOUNDATION, merupakan jurnal ilmiah yang mempublikasikan hasil pemikiran kirtis (kajian) dan penelitian di bidang Pendidikan, Sosial, dan Budaya. Jurnal ini pula sebagai media komunikasi ilmiah bagi para akademisi, pemerhati dan peneliti dari ...