Jurnal Pengabdian Masyarakat Ilmu Komputer
Vol. 2 No. 2 (2025): Mei

PEMBERDAYAAN DIGITAL REMAJA: PENGENALAN KECERDASAN BUATAN MELALUI MEDIA SCRATCH

Darmawan, Erlan (Unknown)
Thamrin, Nani Ronsani (Unknown)
mia maulianingsih (Unknown)
Alviani Azzahra (Unknown)



Article Info

Publish Date
05 May 2025

Abstract

Kemajuan teknologi yang pesat di era digital telah membawa perubahan signifikan dalam berbagai bidang, termasuk pendidikan. Penelitian ini membahas integrasi Kecerdasan Buatan (Artificial Intelligence/AI) dalam media pembelajaran berbasis Scratch untuk memberdayakan remaja di Desa Kedungarum. Scratch, sebagai alat pemrograman visual yang intuitif, memungkinkan pengguna memahami konsep dasar pemrograman secara menarik dan mudah diakses. Program pengabdian masyarakat ini bertujuan meningkatkan literasi digital, pemahaman teknologi, dan pengembangan materi ajar kreatif bagi siswa SD. Hasilnya menunjukkan peningkatan keterampilan teknologi, kreativitas, dan penerapan konsep AI pada pengalaman pembelajaran interaktif peserta. Inisiatif ini mendukung prinsip "Merdeka Belajar Kampus Merdeka" yang menekankan pembelajaran mandiri dan inovasi.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jpmik

Publisher

Subject

Computer Science & IT Decision Sciences, Operations Research & Management Environmental Science Social Sciences

Description

urnal Pengabdian Masyarakat Ilmu Komputer (JPMIK) merupakan Jurnal Nasional yang bertujuan untuk menerbitkan artikel tentang kegiatan pengabdian kepada masyarakat oleh sivitas akademika mencakup model, konsep, pelatihan, penyuluhan, sosialisasi dan implementasi terkait yang memanfaatkan keilmuan ...