Educational Studies and Research Journal
Vol. 2 No. 2 (2025): Educational Studies and Research Journal

Transformasi Nilai-Nilai Pendidikan Islam Awal dalam Konteks Pendidikan Kontemporer

Ghozali, Ghozali (Unknown)



Article Info

Publish Date
03 Jul 2025

Abstract

Sejarah Pendidikan Islam menggambarkan perjalanan dan evolusi pendidikan Islam dari masa awal kemunculannya hingga era modern. Pendidikan Islam memiliki riwayat panjang yang berjalan seiring dengan perkembangan agama Islam itu sendiri. Latar belakang penelitian ini adalah pentingnya memahami sejarah pendidikan Islam sebagai panduan untuk menghadapi tantangan zaman tanpa kehilangan nilai-nilai fundamentalnya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi kontribusi pendidikan Islam terhadap pembentukan masyarakat yang berakhlak mulia dan mampu beradaptasi dengan perubahan zaman. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan pendekatan historis, kajian literatur historis yang mengkaji, mengunakan data sekunder yang diperoleh dari berbagai literatur, termasuk buku, artikel jurnal, dokumen historis, dan publikasi akademik terkait sejarah dan transformasi pendidikan Islam dari masa Nabi Muhammad SAW, melalui Zaman Keemasan Islam, hingga era modern. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pendidikan Islam telah berhasil mengintegrasikan nilai-nilai agama dengan ilmu pengetahuan duniawi melalui madrasah dan institusi pendidikan lainnya. Namun, tantangan modern seperti globalisasi dan teknologi memerlukan reformasi dalam kurikulum dan pendekatan pendidikan. Kesimpulannya, pendidikan Islam tetap relevan dengan mengadopsi pendekatan holistik yang memadukan nilai spiritual dan kompetensi modern untuk membangun generasi yang seimbang dan kompetitif di tingkat global

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

esrj

Publisher

Subject

Description

Educational Studies and Research Journal (ESRJ) is a reputable and scholarly peer-reviewed publication that aims to advance knowledge and understanding in the field of education. ESRJ provides a platform for researchers, educators, policymakers, and practitioners to disseminate their original ...