Literasi keuangan merupakan keterampilan penting yang perlu ditanamkan sejak usia dini, terutama pada siswa sekolah dasar yang cenderung belum memahami perbedaan antara kebutuhan dan keinginan. Rendahnya pemahaman ini menyebabkan uang saku sering digunakan untuk hal-hal yang tidak bermanfaat. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis efektivitas sosialisasi budaya menabung dalam meningkatkan literasi keuangan siswa di SDN 11 Lubuk Keliat. Metode yang digunakan adalah kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan model Miles dan Huberman yang meliputi reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebelum sosialisasi, sebagian besar siswa belum memahami konsep dasar literasi keuangan. Namun, setelah dilakukan sosialisasi, terjadi perubahan perilaku yang positif, di mana siswa mulai memahami pentingnya menabung dan mampu menyisihkan sebagian uang saku mereka. Temuan ini menunjukkan bahwa penguatan literasi keuangan melalui kebiasaan menabung dapat membentuk perilaku keuangan yang baik sejak dini. Penelitian ini juga menegaskan pentingnya peran sekolah, keluarga, dan lingkungan dalam mendukung pendidikan keuangan anak. Financial literacy is an essential skill that needs to be instilled from an early age, especially among elementary school students who often struggle to distinguish between needs and wants. This lack of understanding leads to pocket money frequently being spent on non-essential items. This study aims to analyze the effectiveness of saving culture socialization in improving financial literacy among students at SDN 11 Lubuk Keliat. A qualitative method with a descriptive approach was employed. Data were collected through observation, interviews, and documentation. The data were analyzed using the Miles and Huberman model, which includes data reduction, data presentation, and conclusion drawing. The results indicate that prior to the socialization, most students had a low understanding of basic financial concepts. However, after the intervention, students showed positive behavioral changes, demonstrating a better understanding of the importance of saving and starting to allocate part of their pocket money for savings. These findings suggest that strengthening financial literacy through saving habits can effectively foster sound financial behavior from an early age. The study also highlights the vital role of schools, families, and communities in supporting children's financial education.
Copyrights © 2025