Puzzle merupakan permainan edukasi yang menantang kreativitas dan ingatan siswa. Permainan ini membantu siswa memecahkan masalah sambil bersenang-senang karena dapat dilakukan berulang. Bermain puzzle tidak hanya menghibur tetapi juga membangun kreativitas, imajinasi, dan keterampilan penting bagi perkembangan anak. Penelitian ini menggunakan metode penelitian lapangan dengan pendekatan kualitatif deskriptif. Data dikumpulkan melalui observasi partisipatif, wawancara mendalam, dan studi dokumentasi. Tujuannya mengoptimalkan pembelajaran kosakata anak usia dini melalui puzzle huruf, dengan mengidentifikasi tantangan perkembangan bahasa dan mengeksplorasi efektivitas puzzle huruf sebagai alat pembelajaran interaktif yang menarik. Hasil penelitian menunjukkan: 1) Anak-anak mampu mengucapkan huruf dan kata dengan baik dan lancar; 2) Beberapa anak berani berbicara di depan teman-temannya dan dapat mengulang cerita dari guru dengan baik; 3) Anak-anak mengikuti instruksi guru dengan baik. Penelitian ini diharapkan berkontribusi pada pengembangan metode pembelajaran efektif dalam pendidikan anak usia dini, serta meningkatkan kerjasama antara guru, orang tua dan lingkungan dalam mendukung perkembangan bahasa anak. Media puzzle terbukti menjadi alat yang efektif untuk mengembangkan kemampuan bahasa anak-anak secara menyenangkan dan interaktif.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2025