PEDAGOGI
Vol 10 No 2 (2024): AGUSTUS

Memahami Konsep Literasi Anak Usia Dini: Pengembangan Keterampilan Literasi Emergen Pada Anak Usia Dini

Mubarroroh, Arini (Unknown)



Article Info

Publish Date
02 May 2025

Abstract

Anak usia dini mengalami perkembangan yang pesat dan sangat penting, terutama dalam aspek bahasa. Kemampuan bahasa atau literasi sangat penting untuk dikembangkan pada usia dini sebagai pondasi perkembangan selanjutnya. Literasi dapat membantu anak memperoleh kemampuan membaca dan menulis yang penting untuk penguasaan ilmu pengetahuan dan teknologi di era modern. Penelitian ini menggunakan pendekatan library research atau penelitian kepustakaan. Metode penelitian library research merupakan pendekatan yang digunakan dalam penelitian untuk mengumpulkan informasi, data, dan wawasan dengan melakukan analisis terhadap sumber-sumber tertulis yang ada. Literasi dini merupakan aktivitas membaca dan menulis bagi anak usia dini yang akan membantu memecahkan berbagai masalah dan mengambil keputusan berdasarkan pengetahuan yang diperoleh. Perkembangan literasi emergen merupakan proses pendahulu dari aktivitas membaca dan menulis yang dipahami luas sebagai perilaku membaca yang konvensional. Dengan kata lain literasi emergen bukanlah aktivitas membaca dan menulis yang sebenarnya.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

Pedagogi

Publisher

Subject

Education Other

Description

PEDAGOGI merupakan jurnal yang diterbitkan oleh Program Studi Pendidikan Guru Anak Usia Dini Universitas Muhammadiyah Surabaya. Jurnal ini memfokuskan pada publikasi hasil penelitian, kajian dan telaah ilmiah kritis dan komprehensif dalam bidang ilmu murni anak usia dini dan pendidikan anak usia ...