Alauddin Journal of Mathematics Education (AJME)
Vol 7 No 1 (2025): MAY

saya Pengaruh Mathematics Anxiety Peserta Didik Terhadap Hasil Belajar Matematika Kelas VIII SMPN 2 Pattallassang

S, Sarawati. (Unknown)
Majid, Ahmad Farham (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 May 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) deskripsi mathematics anxiety peserta didik dan hasil belajar matematika kelas VIII SMPN 2 Pattallassang, (2) pengaruh mathematics anxiety peserta didik terhadap hasil belajar matematika kelas VIII SMPN 2 Pattallassang.Penelitian ini menggunakan jenis penelitian ex post facto dengan pendekatan kuantitatif. Penelitian ini dilaksanakan di SMPN 2 Pattallassang dengan populasi 189 peserta didik kelas VIII, dengan jumlah kelas sebanyak 5. Sedangkan sampel dalam penelitian ini sebanyak 128 peserta didik yang dipilih menggunakan teknik sampel acak (simple random sampling). Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini yaitu angket mathematics anxiety untuk mengetahui kecemasan matematika peserta didik dan dokumentasi untuk mengetahui hasil belajar matematika peserta didik. Teknik analisi data yang digunakan yaitu statistik deskriptif dan statistik inferensial berupa uji regresi linear sederhana.Hasil penelitian ini menunjukkan: (1) mathematics anxiety peserta didik kelas VIII SMPN 2 Pattallassang berada pada kategori sedang, sedangkan hasil belajar matematika peserta didik kelas VIII SMPN 2 Pattallassang berada pada kategori sedang, (2) Berdasarkan nilai signifikansi, diperoleh nilai signifikansi sebesar 0,000 < 0,05, maka HO ditolak dan Ha diterima atau berdasarkan nilai t, diketahui nilai  >  yaitu 8,522 > 1,657037, sehingga dapat disimpulkan bahwa variabel mathematics anxiety (X) berpengaruh terhadap variabel hasil belajar matematika (Y). Dimana besar kontribusi mathematics anxiety terhadap hasil belajar matematika peserta didik yaitu sebesar 0,366 atau sama dengan 36,6%, sedangkan sisanya 63,4% dipengaruhi oleh variabel lain di luar dari penelitian ini.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

ajme

Publisher

Subject

Education Mathematics

Description

The aim of this journal is to publish high quality research in mathematics education including teaching and learning, instruction, curriculum development, learning environments, teacher education, educational technology, educational developments, from many kinds of research such as survey, research ...